iklan jual beli mobil

Tips Astra Peugeot: Merawat Cat Mobil Agar Awet di Musim Hujan

Peugeot 3008
Peugeot 3008


Otojatim.com - Guyuran air hujan deras menerpa mobil saat melintasi di jalan atau terparkir pada area terbuka. Usai terkena kehujanan seperti ini, sebagian pengemudi abai melakukan perawatan. Bahkan  mobil dipakai seperti biasa pada keesokan harinya. 


Jika kebiasaan seperti itu sering dilakukan, cat pada bodi kendaraan lama-lama akan mudah kusam. Tanpa disadari efeknya yang akan terjadi bisa menyebabkan cat pada kendaraan kita berpotensi menurun kualitasnya.

 

Baca: Aquaplaning Ancam Keselamatan Pengemudi Saat Hujan, Pastikan Fitur ini Berfungsi di Mobil Anda


Jika cat bodi mobil diibaratkan kulit seorang gadis, maka sudah sepantasnya jika kecantikan dan kemulusan itu dijaga. Seperti halnya cat mobil yang keberadaannya enak dilihat bila selalu mendapatkan perhatian dan perawatan ekstra.


Perubahan cuaca yang tidak menentu, tiba-tiba turun hujan yang cukup lebat namun kemudian muncul kembali sinar matahari yang sangat terik. Di situlah kita perlu merawat cat kendaraan agar penampilan mobil yang kita kendarai tetap prima dan juga menarik.


Air hujan memang sepintas membersihkan kotoran di bodi mobil, tapi air ternyata juga bisa menjadi musuhnya cat jika mobil yang basah sering dibiarkan kering dengan sendiri, karena akan menyebabkan pembentukan jamur pada sekujur bodi mobil.

Baca: Ada Fitur Safety, Pengemudi Bijak Tetap Konsentrasi Saat Hujan Deras


“Agar mobil selalu tampil mengilap dan enak dilihat, cat bodi mobil sepantasnya dilindungi dari serangan musuh-musuh yang berpotensi merusak. Sebaiknya pasca-hujan, mobil dirawat dengan membersihkan sekaligus mengeringkan bodi,” ujar Roni Agung, Kepala Bengkel Body & Paint Astra Peugeot Sunter.


Untuk pencegahan sangat mudah dilakukan. Ketika mencuci mobil, lakukan pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Pada saat membilas, segera keringkan permukaan bodi mobil yang masih basah. 


Bila mobil terguyur hujan d tengah perjalanan, sebaiknya segera keringkan titik air dengan lap chamois ketika sudah tiba di tujuan.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi