-->

50 Tahun di Indonesia, Kini Fuso Fokuskan Kendaraan Ramah Lingkungan

fuso common rail

Otojatim - Pemerintah Indonesia telah menetapkan regulasi Euro-4 untuk kendaraan bermesin diesel yang diberlakukan pada April 2022 demi tercapainya program langit biru. Hal ini dikarenakan menurut penelitian, sebanyak 86 persen polusi udara disebabkan oleh gas emisi kendaraan terutama daerah perkotaan.

"Kami sangat mendukung keputusan yang diambil pemerintah. KTB berupaya sebaik mungkin dalam berkontribusi untuk kesuksesan implementasi Euro-4 kendaraan bemesin diesel ini," kata Duljatmono selaku Direktur Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation pada acara Fuso Virtual Gathering (24/11).

Fuso Gathering yang diadakan secara virtual tersebut, selain untuk menyosialisasikan program pemerintah tentang Euro-4, juga untuk mengedukasi para konsumen Fuso dalam memahami akan implementasinya.

"KTB mempunyai line-up kendaraan yang berstandar Euro-4, salah satunya yaitu Fuso Fighter. Dimana spesifikasinya sudah menggunakan sistem Common Rail, yang tentu saja kompatibel dan merupakan suatu keharusan dalam aplikasi terwujudnya Euro-4 nantinya," lanjut Duljatmono.

Common Rail sendiri adalah suatu sistem penyaluran bahan bakar dengan tekanan tinggi dengan timing yang pas yang diatur secara elektronik menggunakan bantuan ECU.

"Pemahaman pengguna Fuso terbaru termasuk faktor penting dalam implementasi teknis dan perspekstif Euro-4. Mungkin masih ada beberapa konsumen yang belum familiar dengan sistem Common Rail akan kami berikan edukasi bagaimana memahami dan cara perawatannya, supaya bisnis konsumen tetap lancar tanpa adanya hambatan."

KTB sendiri sudah berpengalaman dalam teknologi Common Rail, khususnya pada produk Fuso Fighter.

"Kesuksesan KTB tidak akan tercapai tanpa kelancaran bisnis konsumen FUSO. Kami tidak akan bisa sampai 50 tahun di sini tanpa dukungan kepercayaan pelanggan." tandasnya.

Untuk persiapan implementasi Euro-4 nantinya, sekarang Fuso Fighter telah dilengkapi dengan triple filter dan double water separator sehingga nantinya bisa untuk meminum solar B30.

Salah satu keunggulan Fighter adalah mempunyai sasis tebal tanpa sambungan.

Fuso Fighter terdiri dari Fighter FM65FS HiGear 4x2 Cargo, Fighter FN61FM HD 6x2 Tank, Fighter FN62F HD 6x4 Dump, dan Fighter FN 62F Tractor Head 6x4.

Fighter ditampilkan untuk pertama kalinya di pameran GIICOMVEC 2018 merupakan produk masa depan truk MDT Mitsubishi Fuso, untuk melengkapi line-up di segmen MDT (medium duty truck) agar dapat memenuhi kebutuhan bisnis konsumen.

Produk ini akan menyesuaikan kebutuhan pasar Indonesia dan akan dirakit secara lokal di pabrik perakitan Mitsubishi Fuso di Pulo Gadung. KTB optimis produk baru yang mereka perkenalkan akan cocok dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Fighter merupakan produk berstandar Euro-4 dengan mesin Common Rail System.

Seiring 50 Tahun kehadiran Fuso di Tanah Air, KTB akan senantiasa mengedepankan keunggulan produk-produknya yang makin ramah lingkungan pada performa yang kuat, desain modern, serta profesional service pendukung dari semua aspek 3S (sales, service, spare parts).

Penulis: Handi Cahyono
LihatTutupKomentar