iklan jual beli mobil

Tips Merawat Mobil Warna Gelap Agar Awet Elegan

tips merawat mobil warna hitam
Peugeot 3008 Hitam (Nera Black)

Oto Jatim - Mobil berwarna gelap seperti Peugeot 3008/5008 SUV berkelir Nera Black, Emerald Crystal, atau Aster Grey menjadi kesukaan konsumen Tanah Air. Selain karena warnanya netral dan abadi, mobil warna gelap juga terkesan mewah.


Namun begitu, pemilik mobil wajib memberikan perawatan lebih. Masalahnya kendaraan berwarna gelap dan mengkilap cenderung reflektif dalam mengekspos kotoran, debu, serta baret yang mudah tampak pada permukaan bodi mobil. 


Lalu bagaimana cara efektif dan paling aman dalam memberikan treatment sehari-hari? Inilah tips merawat mobil berwarna gelap dari Peugeot;  

 

Hindarkan mencuci di bawah terik matahari
“Saat paling tepat untuk mencuci mobil adalah ketika pagi atau malam hari. Umumnya ketika masih ada tetesan air dipermukaan bodi akan menguap terpapar panas matahari. Biasanya mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih,” jelas Samsudin, Aftersales Support dari Astra Peugeot.

 

Bila terpaksa mencuci menjelang siang atau sore hari, setelah mobil diberi sabun dan dilap harus segera dibilas dengan air bersih. Dan sisa air yang masih melekat supaya dikeringkan dengan segera. Agar tidak baret, gunakanlah lap microfiber dan ketika menyeka atau mengelap lakukan dengan gerakan searah.


Bila Terlanjur Kusam
Selanjutnya, bagaimana dengan Peugeot berwarna gelap sudah terlanjur kusam? Jangan panik, Anda dapat melakukan perawatan untuk mengembalikan warnanya. Di pasaran terdapat banyak pilihan paket car detailing yang spesial khusus untuk mengangkat warna mulai pudar.


Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari produk car detailing khusus untuk warna gelap yang punya formulasi untuk mengangkat kembali kualitas warna aslinya. 


“Pastikan formulasi tersebut bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik yang juga berwarna hitam pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper,” tambah Samsudin.


Produk car detailing umumnya memberikan pigmen hitam yang sangat kecil sehingga bisa masuk ke dalam pori-pori cat untuk kembali menghasilkan warna yang pekat. Ada juga yang bisa mengangkat noda membandel akibat oksidasi ringan, juga menutup swirl mark atau baret-baret halus yang terlihat seperti sarang laba-laba.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi