Sejarah Setir Mobil Peugeot. Mulai Jadul sampai Tercanggih

Evolusi Roda Kemudi Peugeot dari Sederhana Menjadi Sangat Canggih

setir peugeot
Setir Peugeot e-Legend

Otojatim - Roda kemudi terus mengalami evolusi baik dari segi bentuk maupun fungsinya. Mula-mula berfungsi sebagai pengatur arah kendaraan. Hingga kemudian disematkan fitur-fitur lain seperti tombol klakson, kontrol audio, airbag, cruise control, dan sebagainya.


Sejarah setir mobil
Kemudi bentuk setir bundar muncul pertama kali pada 1894 di mobil bertenaga 4 dk yang diusung Panhard buatan Alfred Vacheron. Pada zaman ini, mobil-mobil lain masih menggunakan batang pengatur arah.
PEUGEOT Type 15 masih menggunakan handlebar
Dengan mengikuti balapan Paris-Rouen yang tidak hanya dikenal sebagai perlombaan semata, namun juga menjadi ajang publikasi kemajuan teknologi kendaraan yang diikuti lebih dari 100 mobil. Pada kejuaraan tersebut, Panhard menempati posisi juara keempat namun pemberitaan mengenai inovasi roda kemudi menjadi tersebar luas.

Lambat laun, penggunaan setir bundar mulai menggantikan batang pengatur sebagai alat untuk mengendalikan arah roda. Di sinilah Peugeot langsung merespons.
PEUGEOT Type 56 mengadopsi fungsi klakson pada setirnya
Peugeot mulai mengimplementasikan steering wheel pertama pada Peugeot Type 36 pada 1901. Tipe ini mengusung dua inovasi baru yaitu roda kemudi dan kap mesin yang merupakan hal baru di masanya.
TYPE36 buatan 1901 Peugeot pertama yang menggunakan roda kemudi
Di awal 1990an, teknologi airbag dan power steering pada setir kemudi semakin umum. Hal ini mengubah paradigma fungsi dari roda kemudi yang semula hanya untuk berbelok, menjadi lebih multifungsi.

Baca: Legenda Peugeot 504 dan 405. Peraih International ‘Car of the Year’ di Masanya

Berbagai inovasi baru pada setir pun semakin umum dilakukan. Mulai bahan dasar, bahan pembungkus, bentuk, dan juga penyematan berbagai teknologi dan fitur pada roda kemudi itu sendiri.

Ajang balapan juga memiliki peran penting dalam perkembangan inovasi setir mobil. Seperti pada Peugeot 908, seluruh pengaturan kendaraan disematkan pada sistem roda kemudinya. Lantas inovasi ini diadopsi pada setir mobil Peugeot lainnya.
stir peugeot
Setir Peugeot 908 Prototipe
Sampai pada era 2012, Peugeot 208 merombak inovasi posisi pengemudi dengan meluncurkan PEUGEOT i-Cockpit®.

Inovasi ini tidak lepas dari desain setir dan dasbor yang dibuat sedemikian rupa hingga menjadi sangat kompak dan ergonomis. Memberikan genggaman semakin baik dan memberikan sang pengemudi pandangan yang lebih jelas terhadap instrumen kendaraan serta jarak pandang jalan.

PEUGEOT i-Cockpit® sampai sekarang terus berevolusi dan menjadi basis standar pada generasi model-model Peugeot berikurnya. Hingga kini, ada lebih dari 6 juta pengguna Peugeot berteknologi i-Cockpit® di seluruh dunia.
setir peugeot SUV
Setir modern pada Peugeot SUV 3008 dan 5008
PEUGEOT i-Cockpit® menjadi teknologi yang sangat unik di dunia otomotif dan menjadi DNA Brand Peugeot. Konsep ini pun dihadirkan pada mobil Peugeot e-Legend.

Sederet teknologi Peugeot bertujuan memberikan respons akurat dengan desain interior stylish dan berteknologi tinggi. Peugeot 3008 SUV & 5008 SUV yang dijual di Indonesia juga telah mengadopsi teknologi roda kemudi yang canggih ini.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi