Cari Alamat dan Telepon Dealer:

5 Kesalahan Menggunakan Baby Car Seat dalam Mobil

harga baby car seat
Baby Car Seat Safety (Foto: Allstate)

Baby Car Seat bukanlah untuk mainan anak-anak. Tempat duduk bayi ini sering digunakan tidak semestinya. Padahal keselamatan anak-anak sangat penting saat berkendara. Mereka belum bisa duduk di tempat duduk orang dewasa dengan aman. Berikut ini 5 kesalahan yang sering dilakukan pada tempat duduk anak-anak di mobil:

1. Menggunakan kursi bekas tanpa mengetahui sejarahnya

Jika memperoleh kursi bekas maka seharusnya tahu kondisinya masih layak atau tidak. Beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:
  • Tidak kadaluarsa atau berumur lebih dari 6 tahun
  • Tidak terlihat memiliki kerusakan atau bagian yang hilang
  • Tidak pernah mengalami kerusakan parah

2. Salah menempatka. Jangan dipasang di kursi penumpang depan

Meskipun baby car seat masih baru dan tidak rusak namun salah menempatkannya di mobil tetap menjadi berisiko bagi anak. Tempat paling aman bagi anak yaitu berada di kursi belakang. Jika ditempatkan di depan, dekat dengan air bag maka jika air bag mengembang malah akan melukai anak.

3. Menggunakan kursi tidak sebagaimana mestinya

Baby Car Seat dirancang untuk berpergian menggunakan mobil. Jadi jika dipakai di rumah tidaklah sesuai dengan fungsinya. Terlalu lama duduk di baby car seat malah akan berakibat kurang baik bagi kesehatan anak.

4. Salah memasang

Sebelum memasang baby car seat, baca terlebih dahulu instruksi pabrikan bagaimana cara memasangnaya. Jika kita salah memasang malah akan membuat kursi tidak terpasang dengan kuat dan berbahaya bagi anak-anak.

5. Posisi yang salah

Bayi sebaiknya diposisikan menghadap ke belakang mobil. Hal ini untuk meminimalkan risiko jika terjadi goncangan atau kecelakaan. Posisi kursi yang salah akan membuat risiko luka menjadi tetap tinggi.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky