Desain Futuristis, Mitsubishi Juga Bekali XPANDER dengan Fitur Keselamatan Terbaik

Otojatim.com - Teknologi  fitur keselamatan pada mobil modern sekarang ini menjadi hal yang wajib. Tidak cukup hanya mengandalkan airbag saja, tapi juga memaksimalkan fitur-fitur keselamatan yang lain.

Kendaraan Mitsubihi yang dipasarkan di Indonesia sudah memiliki berbagai fitur keselamatan. Secara umum fitur keselamatan pada mobil terbagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif. Keduanya berfungsi mengantisipasi potensi kecelakaan. Atau, jika sudah terjadi fitur keselamatan itu mampu meminimalisasi dampak fatal.
fitur keselamatan xpander
Fitur keselamatan aktif bekerja sebelum atau mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan ini bekerja secara komputerisasi, sebelum mobil hilang kendali atau akan menabrak. Adapun fitur-fitur keselamatan aktif adalah Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD),  Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA).

‎Sedangkan fitur keselamatan pasif bekerja ketika mobil terkena benturan atau kecelakaan. Ada banyak fitur pasif, beberapa di antaranya adalah Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

“Keamanan saat berkendara merupakan hal utama, sebuah produk tidak cukup hanya menawarkan kenyamanan, desain yang bagus, dan mesin yang andal, tetapi fitur keamananlah yang sangat penting untuk sebuah mobil keluarga. Menjadi nilai plus di kelasnya, Mitsubishi XPANDER sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan seperti Emergency Stop Signal, HAS atau Hill Start Assist, juga ASC atau Active Stability Control, yang membawa produk ini ke level yang lebih tinggi dari sekedar kendaraan LMPV biasa.” Ungkap Boediarto, Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI.

XPANDER Raih Skor Keselamatan 4 Bintang dari ASEAN NCAP

Mitsubishi XPANDER, mendapat peringkat bintang 4 dari ASEAN New Car Asessment Program (NCAP). XPANDER mulai dijual di Indonesia pada September 2017. Model ini adalah MPV Mitsubishi pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP. Secara keseluruhan, XPANDER memperoleh skor 71,66 poin.

Dalam kategori perlindungan orang dewasa (adult occupant protection), XPANDER mencetak 39,08 poin, pada kategori perlindungan penghuni anak (child occupant protection) dan 13,89 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

XPANDER memiliki dual airbags dan pengingat pada sabuk pengaman depan, baik untuk pengemudi maupun penumpang depan, sebagai standar. Sebagai bagian dari komitmen mitsubishi terhadap keselamatan, XPANDER dilengkapi dengan fitur safety assist technology yang disebut emergency stop signal, yang ditawarkan sebagai standar atau opsi di negara-negara XPANDER dipasarkan. XPANDER juga dilengkapi dengan isofix dan top tether.
active stability control xpander
Active Stability Control mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat manuver juga disematkan pada Mitsubishi XPANDER.

Termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada mobil Mitsubishi seperti di Xpander, Pajero Sport, dan lainnya. Ini adalah teknologi rangka body yang dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat.
RISE ini merupakan kesatuan antara body dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.
rangka xpander
Rangka bodi RISE
Efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah (depan, belakang, samping). untuk meminimalisir kerusakan dan menjaga penumpang dalam kabin tetap aman. Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar.

Selain itu, ada juga fitur Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.
fitur keselamatan xpander
Fitur ini mampu menekan dampak kecelakaan terhadap pejalan kaki melalui built impact-absorbing di material kap mesin dan bumper depan. Dalam kasus ketika terjadi tabrakan, cidera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat dan terbuat dari bahan non-logam.
“XPANDER merupakan MPV pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP berdasarkan protokol baru untuk 2017-2020, dan menunjukan kinerja baik dalam penilaian yang lebih ketat ini. Ini menunjukan bahwa Mitsubishi Motors berdedikasi untuk menghasilkan mobil yang lebih aman untuk kawasan ASEAN sesuai dengan protocol keselamatan kami yang baru.” Ungkap Sekjen ASEAN NCAP, Ir. Dr. Khairil Anwar Abu Kassim.

Baca juga:
  Test Drive Xpander
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi