Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Mengapa Wuling Confero Hanya Mendapatkan Rating Satu Asean NCAP? Ini Detailnya

uji tabrak wuling confero
Wuling Confero Diuji Tabrak dan Hasilnya di luar Ekspektasi 

Jakarta, Otojatim.com Sekilas fenomena Wuling Confero cukup bikin rivalnya keringat dingin sama sekali. Tetapi, soal keselamatan sendiri Wuling harus kerja keras untuk mengembangkan lebih aman lagi.

Seperti di artikel sebelumnya, Wuling Confero sendiri baru saja selesai melakukan tes tabrak di ASEAN NCAP. Hasilnya, mungkin masih lulus namun butuh improvement besar. Terutama penyematan Airbag pada varian terendah.

Padahal hasil tes sendiri hanya bisa mendapatkan rating satu. Coba bandingkan dengan Renault Kwid, meskipun sudah disematkan Airbag untuk penumpang malah dia tak dapat bintang sama sekali.
Jawabannya ada pada improvement kabin itu sendiri. Sebenarnya, mobil itu harus memiliki rangka yang kokoh untuk melindungi kabin. Selain itu, semua bagian pun juga bisa melindungi kabin. Mulai dari mesin yang turun dan pedal gas, rem dan kopling pun langsung tak bisa digunakan.

Lantas, hanya tanpa airbag saja Wuling Confero hanya dapat satu bintang saja. Selain itu, ada beberapa pertanyaan, Mengapa varian terendah yang diambil untuk tes tabrakan ini.

"Karena kita mengambil sampel dimana mobil itu paling banyak dibeli oleh masyarakat. Dan itu mewakili dari model tersebut. Meskipun penilaian ini belum bisa menjadi acuan," ujar Khairil Anwar Abu Kassim, Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP.

Tetapi ada beberapa faktor yang mengampuni akibat alpa-nya fitur Airbag di Wuling Confero ini. Dimulai dari improvisasi kabin disertai dengan penguatan di beberapa titik. Sehingga Confero masih mampu meredam energi tabrakan.

Selain itu, secara bodi sendiri impact dari tabrakan pun tidak terlampau parah. Layaknya seperti mobil China pada umumnya. Namun, apa penyebabnya dia bisa mendapatkan bintang satu? Akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Baca juga:

Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai