Canto, Nyanyian Nissan di Tokyo Motor Show 2017


Nissan IMx Concept



Otojatim.com (Tokyo) – Karena tidak mengeluarkan suara sama sekali, mobil listrik sering diprotes pejalan kaki. Menanggapi hal itu, Nissan memperkenalkan Canto, suara yang bakal didengar dari mobil listriknya.

Dari ajang Tokyo Motor Show 2017, Nissan tidak hanya menampilkan debut mobil konsep, namun juga memberi kejutan kepada pengunjung dengan memperkenalkan “Canto”, sebuah nyanyian masa depan dari mobil listrik Nissan.

”Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar, dan komponen krusial tersebut adalah suara. ‘Canto’ dirancang khusus untuk menjaga keamanan para pejalan kaki, termasuk juga memberikan suara khas Nissan, sebuah suara berenergi dan lantang yang menjadi ciri khas merek dan menunjukkan keunikan posisi kami di antara mobil-mobil listrik lainnya,” ungkap Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co Ltd untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery.

“Canto” sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “Aku menyanyi”. Berbagai jenis suara dan nada akan beragam, sesuai dengan akselerasi, deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur. Suara tersebut akan diaktivasikan pada kecepatan 20-30 km/jam, tergantung kebutuhan di beragam kondisi pasar.

Nissan menciptakan "Canto" dengan tujuan untuk membangun kewaspadaan sebagai sebuah prioritas. Desain tersebut juga ditujukan untuk memperkaya indera pendengaran di sekeliling jalan kota melalui keunikan Nissan. Tingkat suaranya akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki, warga dan penumpang.

Nissan menjadi pelopor untuk kendaraan bersuara sejak 2010, melalui sistem "Approaching Vehicle Sound for Pedestrians" , yaitu sebuah sistem yang menghasilkan suara peringatan bagi pejalan kaki, sehingga mereka mengetahui bahwa ada mobil yang mendekat di sekitarnya.

Nissan Intelligent Mobility merupakan pendekatan yang dilakukan Nissan untuk mengubah bagaimana mobil dikendarai, ditenagai dan terhubung dengan lingkungan sekitar.



LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi