Review: Interior Toyota All New Kijang Innova 2016, Tipe Q vs V

interior innova reborn
Dashboard All New Kijang Innova Q AT
Tipe Q
Mobil ini memiliki smart keyless entry  yang artinya Anda tinggal masukkan kuncinya di kantong dan pencet tombol pintu untuk masuk ke dalam. Kunci ini juga terlihat lebih besar ukurannya  dan bentuknya cukup mewah untuk sebuah Kijang .

Desain dashboardnya memang artistik  tapi sayangnya materialnya masih terbuat dari bahan plastik keras termasuk di bagian doortrim juga.


Model setir yang mewah mirip Camry dan dipenuhi oleh banyak sekali tombol pengontrol. Di sebelah kiri adalah untuk audio dan sambungan telepon, karena audionya bisa melakukan sambungan telepon. Sebelah kanan untuk MID-nya.

MID ini juga menarik tampilannya karena simple. Hanya ada tampilan info untuk konsumsi bahan bakar, jarak tempuh maksimal dan kecepatan rata rata.

head unit innova reborn
Telepon sampai HDMI ada.
Audio dari mobil ini juga salah satu yang dibanggakan oleh Toyota, sebenarnya ini bukan hanya audio malahan, tapi lebih tepatnya ini adalah sebuah sistem multimedia. Tidak hanya terdapat di tipe Q tapi juga di tipe V.  Layarnya cukup besar 8 inci dan memiliki fitur yang banyak.

Ketika Anda memencet tombol Home pada audio maka akan terlihat banyak sekali menu yang bisa diakses. Ia bisa konek internet dengan mengaktifkan hotspot dari gadget dan Anda bisa browsing, update status Facebook, Twitter ataupun menonton Youtube pada display head unit.

Semua menu ini bisa dikendalikan melalui air-gesture. Cukup menarik, ini fitur yang jarang sekali ada dan mengingatkan pada BMW seri 7 terbaru, ternyata Toyota Kijang sudah punya.

Ada satu lagi keistimewaan di tipe Q ini adalah semua power window-nya mempunyai Auto mode, baik naik maupun turun untuk keempat jendelanya. Ini biasanya hanya ada di mobil eropa. Jadi cukup hanya satu tarikan semua jendela bisa langsung terbuka/tutup.

Interior tipe V
Tipe V
Ciri khas tipe V adalah jok dengan warna cukup ngejreng. Yaitu coklat yang sedikit orange. Disini kelihatan kalau bahannya bisa tahan lama. Interior tipe V tidak ada panel kayu. Bludru di doortrim tetep sama seperti tipe Q. Walaupun tanpa woodpanel, overall masih tetap bagus.

Pada head unit, kesannya sama dengan tipe Q tapi sebenarnya berbeda, fasilitasnya lebih sedikit daripada yang di tipe Q.

Sebelumnya: Desain Eksterior
Selanjutnya: Performa dan Handling
 


Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen