iklan jual beli mobil

Yayasan AHM dan MPM Honda Jatim Tanam 20.000 Mangrove di Banyuwangi untuk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

yayasan AHM dan MPM Honda Jatim tanam Mangrove di Banyuwangi


Otojatim.com - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) dan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim), distributor sepeda motor Honda di wilayah Jatim & NTT, menanam 20.000 mangrove di Kawasan Ekonomi Esensial (KEE) Teluk Pangpang Banyuwangi, Jawa Timur, pada Selasa (11/06).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Yayasan AHM dalam mitigasi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan, sekaligus mendukung program pembangunan berkelanjutan pemerintah. Acara tersebut dibuka oleh Anang Budi Wasono, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, bersama dengan jajaran manajemen PT Astra Honda Motor, Yayasan AHM, dan MPM Honda Jatim.

Yayasan AHM memilih untuk menanam mangrove jenis Rhizopora Mucronata yang dikenal mampu menyerap karbon tiga hingga lima kali lebih banyak dibandingkan dengan hutan tropis daratan. Mangrove ini juga berperan penting dalam memperbaiki ekosistem lahan basah yang mendukung kehidupan satwa dan manusia secara berkelanjutan.

Sejak tahun 2017, Yayasan AHM telah menanam total 10.879 pohon mangrove di berbagai wilayah di Indonesia sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap pelestarian ekosistem pesisir. Di Banyuwangi, kegiatan penanaman mangrove ini juga diikuti oleh aktivitas bersih pantai yang melibatkan komunitas nelayan lokal dan pelajar dari sekolah mitra binaan AHM.

Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan AHM, menekankan pentingnya penanaman mangrove sebagai upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung target net zero emission pemerintah. "Kami berperan aktif dalam mendukung pelestarian lingkungan yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Penanaman mangrove ini diharapkan memberikan dampak positif baik secara ekologi maupun ekonomi bagi masyarakat sekitar," ujar Muhibbuddin.

KEE Teluk Pangpang adalah kawasan konservasi mangrove yang penting bagi ekosistem di Jawa Timur. Kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati, termasuk 12 jenis pohon mangrove, 18 jenis bivalvia, dan 43 jenis burung, sebagian besar di antaranya adalah burung migran.

Mangrove yang sehat di kawasan pesisir berperan penting dalam meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan mengurangi dampak bencana alam seperti gelombang tinggi, tsunami, dan banjir bandang.

Vinensia Kenanga, Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim, menegaskan komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan melalui program penanaman mangrove. "Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri, MPM Honda Jatim berkomitmen untuk terus berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Ini adalah langkah konkret kami untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mendukung keberlanjutan lingkungan hidup," kata Kenanga.(*)

 

Baca berita lain dari Google News

LihatTutupKomentar

Video: Toyota Calya Raih Bintang 4 Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Otojatim.com - ASEAN NCAP, lembaga yang bertanggung jawab atas penilaian keselamatan kendaraan baru di kawasan Asia, baru-baru ini merilis ...

close
harga yamaha lexi