iklan jual beli mobil

Tips Yamaha: Dampak Fatal Kehabisan Oli Mesin dan Cara Menghindarinya

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Oli Mesin pada Sepeda Motor

kehabisan oli mesin menguap

Otojatim.com - Oli memiliki peran penting dalam menjaga kinerja optimal sepeda motor. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga berperan sebagai pendingin dan pembersih kotoran pada komponen motor.

Menurut Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), "Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan oli mesin kering atau berkurang. Bisa jadi terjadi kebocoran pada bagian seal oli karena faktor usia seal yang sudah tergolong tua. Selain itu, bisa juga karena banyak oli yang terbakar karena kondisi shielding pada ring piston dalam keadaan yang tidak baik. Penggunaan oli yang sudah lama tidak diganti juga berpotensi menyebabkan oli mesin habis. Maka dari itu, pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi oli pada motor kesayangannya."

Kondisi oli mesin yang kering atau habis dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik sepeda motor untuk secara rutin memeriksa kondisi oli mesin guna memastikan performa kendaraan tetap optimal.

Penggantian oli mesin dapat dilakukan sesuai dengan informasi yang tercantum dalam Kartu Service Berkala (KSB) yang diberikan kepada konsumen Yamaha. "Idealnya, oli mesin diganti apabila motor sudah menempuh perjalanan 2.000 - 3.000 km," tambah Ilham.

Salah satu dampak buruk akibat oli mesin habis adalah meningkatnya gesekan antar mesin, yang dapat menyebabkan kerja mesin menjadi lebih berat dan mengganggu fungsi normal komponen. Selain itu, suhu mesin kendaraan juga lebih cepat panas karena oli juga berperan sebagai pendingin.

Tidak hanya itu, kondisi oli mesin yang habis atau kering juga dapat mempersingkat umur mesin, yang pada akhirnya akan meningkatkan biaya perawatan karena harus mengganti komponen yang terdampak.

Ilham juga menambahkan, "Salah satu hal fatal yang dapat terjadi apabila oli mesin kering adalah dapat menyebabkan motor mati mendadak. Ketika oli tidak terdistribusi dengan baik, oli tidak melumasi ring piston, piston dan silinder, sehingga mengakibatkan mesin motor mati."

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, pengendara sepeda motor disarankan untuk rutin mengganti dan mengecek kondisi oli mesin secara berkala. Perawatan kendaraan dapat dilakukan melalui dealer resmi Yamaha terdekat.(*)

 

Ikuti berita Yamaha di Google News

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi