iklan jual beli mobil

Tips Yamaha: Jangan Asal Beli, Ini Cara Cek Masa Kadaluarsa Ban Motor

  • Ban motor jika sudah lama digunakan ataupun terlalu lama disimpan akan mengalami penurunan performa. Bagaimana cara mengeceknya?

Otojatim.com - Ban motor punya masa kadaluarsa. Seiring waktu, kualitas karet ban akan menurun dan performanya jadi tidak maksimal.


Namun, masih banyak pengendara yang mengabaikan hal ini dan memilih tetap menggunakan ban lama. Padahal ini akan berpengaruh pada keselamatan di jalan.


Bagaimana tidak, ban yang kadaluarsa karetnya sudah mengeras dan getas sehingga akan mengurangi traksi, dan gampang pecah.


Dwi Suwanto, Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengimbau agar pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan kode produksi ban yang ada pada sisi dinding ban motor. 


“Performa ban yang tidak optimal tentu akan mengganggu perjalanan pengendara. Seperti tekanan udara pada ban tidak optimal serta pengereman juga jadi tidak maksimal. Mengingat ban merupakan salah satu komponen yang menunjang keselamatan dalam berkendara," kata Dwi.


Masa kadaluarsa tak hanya berlaku pada ban yang dipakai saja. Penurunan kualitas juga akan terjadi meskipun ban hanya disimpan.


"Kondisi ban yang sudah terlalu lama disimpan dan tidak digunakan juga tidak direkomendasikan karena mengingat performa karet pada ban tentu akan menurun,” ungkap  Dwi.


Kode produksi pada ban menunjukkan kapan ban tersebut diproduksi. Digit pertama adalah kode minggu saat ban diproduksi. Digit kedua merupakan kode tahun ban diproduksi. Umumnya, masa kadaluarsa ban adalah 5 tahun dari tanggal produksi tercantum.


"Sebelum membeli ban, pastikan Anda mengecek kode produksinya dulu," tambah Dwi.


Menurut Dwi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga performa ban sepeda motor. Di antaranya rutin membersihkan ban menggunakan air dan sabun. Lalu periksa keausan atau keretakan pada permukaan ban secara berkala. Segera ganti ban jika ditemukan keretakan atau keausan.


Selain itu, sebelum berkendara, selalu pastikan tekanan udara dalam ban sudah sesuai dengan anjuran pabrikan. Tekanan udara yang terlau tinggi atau terlalu rendah, dapat berpengaruh pada performa kendaraan. 


Pembelian ban yang terjamin kualitas dan ke-ASLI-annya bisa ditemukan di dealer resmi. Bagi pengguna Yamaha, pembelian ban juga bisa dilakukan di official store Yamaha di E-Commerce seperti Tokopedia, Blibli.com, and Bukalapak. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi