iklan jual beli mobil

Tepis Kekhawatiran Konsumen, Suzuki Perpanjang Garansi New XL7 Hybrid Jadi 8 Tahun

  • Suzuki menepis kekhawatiran konsumen soal teknologi hybrid. Salah satunya dengan menambah masa garansi, yang semula 5 tahun atau 100.000 Km, menjadi 8 tahun atau 160.000 Km.

Surabaya, Otojatim.com - Suzuki resmi meluncurkan produk SUV Hybrid terbaru yaitu New XL7 Hybrid pada 15 Juni 2023. Banyak ubahan yang dilakukan mulai dari eksterior, interior, hingga fitur keamanan. 


New XL7 Hybrid menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang merupakan kombinasi dari mesin bensin, Integrated Starter Generator (ISG), dan baterai Lithium-ION berkapasitas 10Ah 12V. Teknologi SHVS sendiri diklaim minim biaya perawatan. Kelebihan lainnya, konsumsi bahan bakar irit dan tentunya ramah lingkungan.


"Karakter SUV sekarang tidak sama dengan 30 tahun lalu, dimana kini mayoritas SUV digunakan sebagai city cruiser. Sehingga kita harus menyesuaikan mesin yang ada untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan kata lain, bagaimana caranya SUV ini tetap nyaman dipakai di perkotaan, namun saat dibawa menjelajah ke luar kota juga masih bisa challenging. Itulah mengapa kita lakukan adjusting pada teknologi mesin dan crafting pada torsi per newton meternya jadi seperti itu," kata Harold Donel, Brand Development Head and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat ditemui di acara Launching New XL7 Hybrid dan Media Test Drive, di Chimory Pasuruan, pada Sabtu (17/6/2023).


Pada eksterior, New XL7 tetap mempertahankan kesan tegas dan gagah. Terdapat fitur-fitur tambahan baru seperti new autolight with guide me light, new auto retractable mirror, new tailgate garnishchrome, new short pole antenna, new hybrid emblem, dan new two-tone body color.


Masuk ke interior, tersemat fitur baru seperti new E-mirror touchscreen, new cruise control, new interior color, new black wood pattern ornament instrument panel, dan new gear shift indicator. 


Sebagai penambah keamanan, ada fitur new hill hold control untuk menjaga posisi mobil saat stop & go di jalan menanjak.

Dengan pembaruan sebanyak itu, New XL7 Hybrid dipatok dengan harga paling murah dibanding para rivalnya, yakni mulai dari Rp 266 juta hingga Rp 314 jutaan (OTR Surabaya). Tak khayal, pesaingnya seperti Rush dan H-RV, berhasil dibuat ketar-ketir.


Tak hanya fitur dan teknologinya, Suzuki Indonesia memberi pembaruan pada masa garansi baterai hybrid. Semula garansi hanya 5 tahun atau 100.000 Km, kini menjadi 8 tahun atau 150.000 Km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu).


"Kami membuat extend warranty lithium-ION battery dari 5 tahun jadi 8 tahun. Untuk itu, konsumen tidak usah khawatir. Kalau ada apa-apa Suzuki yang akan cover selama 8 tahun atau 160.000 Km," kata Harold.


Harold juga memaparkan bahwa perpanjangan masa garansi juga akan membawa efek positif pada harga jual kembali.


"Soal harga jual, harapannya dengan perpanjangan masa garansi ini, dapat memberikan kepercayaan lebih kepada pelanggan kami. Dan memastikan mereka tidak salah memilih produk Suzuki Indonesia sebagai kendaraan mereka," tuturnya.

Garansi ini ternyata tidak hanya berlaku untuk XL7 Hybrid atau Grand Vitara yang meluncur tahun ini saja, melainkan pada semua mobil hibrida Suzuki, termasuk Ertiga Hybrid.


Harold mengatakan perubahan masa garansi pada baterai mobil hybrid ini adalah bukti bahwa Suzuki selalu mendengar masukan dari para konsumennya.


Perlu diperhatikan, bahwa garansi tersebut berlaku untuk pemakaian normal, yang artinya bukan karena menerobos banjir, modifikasi pada baterai, atau karena unit tersimpan cukup lama sehingga baterai menjadi drop.


New XL7 menawarkan 3 varian, yakni Alpha, Beta, dan Zeta. Dimana pada varian Zeta tidak menggunakan teknologi hybrid. Untuk pilihan transmisinya ada automatic transmission (AT) dan manual transmission (MT).


Berikut daftar harga di on the road Jawa Timur:

  • XL7 Hybrid Alpha AT: Rp 314.500.000,-
  • XL7 Hybrid Alpha MT Rp 304.000.000,-
  • XL7 Hybrid Beta AT : Rp 303.500.000,-
  • XL7 Hybrid Beta MT: Rp 293.250.000,-
  • XL7 Zeta AT : Rp 277.250.000,-
  • XL7 Zeta MT : Rp 266.000.000,-

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi