Plus Minus Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected, Cocok Sama Harganya?

  • Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected membawa banyak fitur dan teknologi canggih yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat masa kini. Modelnya juga unik, mencampurkan unsur retro dan elegan, cocok bagi Anda yang gemar tampilan motor Eropa. Namun, ada sedikit kekurangan yang dimiliki, apa saja itu? Simak ulasannya.

Otojatim.com - PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku main dealer Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara, menghadirkan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected, motor retro modern dengan deretan fitur canggih. Skutik yang masuk ke dalam keluarga Classy Yamaha tersebut dibanderol seharga, Rp29 jutaan (OTR Surabaya). 


“Ada tiga keunggulan utama yang dimiliki Grand Filano, yakni desain mewah dan berkelas, kepraktisan berkendara, serta fitur dan teknologi canggih. Semuanya hadir untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup konsumen,” tutur William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Bagi Anda yang beniat membeli motor ini, ada baiknya mengetahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut kami ulas untuk Anda.


Kelebihan

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected punya desain yang fashionable dan elegan, khas skutik Eropa. Headlamp-nya terletak di bagian kepala dengan bentuk diamond yang terbagi dua, dimana bagian atas untuk lampu dekat, sementara bawahnya untuk high beam. Sebagai pemisah, terukir identitas Grand Filano.


Sedikit ke bawah, ada daytime running light yang posisinya seperti dasi. Sementara lampu seinnya berbentuk vertikal tertanam di sisi kanan kiri tameng depan. Semua pencahayaan sudah mengadopsi teknologi LED.


Kesan klasik semakin kental dengan layout bagian samping yang serba bulat. Dipercantik dengan tarikan garis tegas di bodi belakang, plus emblem 3D bertuliskan Grand Filano yang khas.


Komponen belakangnya modern dengan stoplamp yang dibuat vertikal. Knalpotnya berwarna hitam dibalut dengan cover krom. Roda yang dipakai berukuran 12 inci dengan model pelek 6 palang lurus. Sedangkan bannya berjenis  tubeless ukuran 110/70 (depan-belakang).


"Urusan deselerasi pada roda depan dan belakang, mengandalkan kombinasi cakram dan tromol. Sementara untuk peredam kejut, pakai konfigurasi tunggal di belakang dan teleskopik untuk menopang kaki depan," kata Ilham Wahyudi, selaku GM Service & Sparepart Yamaha STSJ

Medukung keperluan penyimpanan, Filano menghadirkan Spacious Front Pocket di kokpit depan. Pindah ke sebelah kiri terdapat Smart Front Refuel, sehingga pengguna tak perlu membuka jok saat mengisi bahan bakar. Adapun volume tangki bensinnya berukuran 4,4 liter.


Terdapat pula Convenience Hook Carabiner, yakni gantungan dengan sistem pengunci, sehingga tak perlu khawatir barang bawaan terjatuh di tengah jalan.

Bagasinya terbilang besar, yakni 27 liter, pas untuk menyimpan helm atau barang bawaan lainnya. Menariknya, saat dibuka, lampu LED menyala untuk memberi penerangan ke bagasi saat minim penerangan. 

Keunggulan lainnya yang jadi andalan Grand Filano adalah fitur konektivitas Y-Connect. Pengguna dapat dengan mudah mengetahui kondisi motornya melalui smartphone, meliputi konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan aki dan oli, notifikasi malfungsi, hingga Revs Dashboard. Sebaliknya, pengguna juga bisa mendapat notifikasi telepon dan pesan di dasboard motor saat berkendara.


"Fitur Yamaha Motorcycle Connect mampu mendukung pengendara untuk tampil always on. Jadi pengendara bisa mengetahui kondisi kendaraan secara real time," kata William.


Beralih ke kelebihan berikutnya, ada TFT Sub Display yang diklaim paling canggih di kelasnya. Berisikan animasi Welcome Aboard dan Goodbye Message, indikator bensin, odometer, trip, konsumsi BBM realtime, AVG konsumsi BBM, dan voltase baterai. Dipercantik dengan siluet Grand Filano pada bagian tengahnya.

Tak ketinggalan, fitur wajib masa kini: Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai smartphone selama berkendara. Disematkan juga lampu Hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat.


Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menggendong mesin berkubikasi 125 cc, 1-silinder, SOHC, 2-katup, pendingin udara, dan berpengabut injeksi Blue Core. Dengan konfigurasi enjin overstroke. Diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal 8,1 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di 5.000 rpm.


Semakin unggul dengan teknologi terbaru Blue Core Hybrid yang menggunakan 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu mesin dan Electric Power Assist Start (EPAS). Ditunjang dengan komponen lain seperti Smart Motor Generator (SMG), baterai (aki) dan Starter Generator Control Unit (SGCU). Hasilnya, akselerasi awal lebih bertenaga, berguna sekali saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak. Suara mesinnya juga jadi lebih halus saat pertama dinyalakan. Setelah mesin hidup, generator langsung melakukan pengisian baterai atau aki.


Untuk mendukung efisiensi, terdapat fitur Stop & Start System (SSS), dimana mesin mati secara otomatis ketika motor berada dalam posisi berhenti lebih dari tiga detik, dan kembali menyala saat handle gas diputar. Dengan begitu bahan bakar tidak terbuang percuma. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan tombol SSS di kanan setang dalam kondisi On.

Dalam menjamin keamanan, Grand Filano dibekali Smart Key System (keyless) dengan fitur Answer Back System sehingga pengendara lebih mudah mencari posisi parkir motor. 


Ada juga fitur Stand Side Switch yang mengurangi risiko akibat lupa menaikkan standar samping. Mesin mati secara otomatis apabila penyangga motor diturunkan, dan dapat dihidupkan ketika belum dinaikkan.


Berkendara di tanjakan lebih aman berkat Smart lock untuk menjaga posisi motor. Serta One Push Start yang memudahkan pengendara menyalakan mesin hanya lewat satu sentuhan.

Tak hanya pengendara, penumpang juga dibuat nyaman dengan floor dek rata dan luas. Footpeg bisa dilipat, ukurannya besar, serta diberikan karet, jadi secara estetikapun lebih rapi.


Kekurangan

Meski tak banyak, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected punya beberapa kekurangan, salah satu yang disayangkan  adalah penggunaan soket pengecasan masih tipe car charger bukan USB port. Sehingga konsumen harus membeli alat tambahan berupa adapter.


Kekurangan lainnya adalah performa mesin yang kalah dari Fazzio. Padahal harga Filano lebih mahal. Grand Filano menggunakan mesin 125 cc, 1-silinder, SOHC, 2-katup, pendingin udara, dan berpengabut injeksi Blue Core yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,1 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di putaran 5.000 rpm. Sedangkan Fazzio, dengan mesin yang sama bisa mencapai power 8,3 Hp / 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm. 


Salah satu penyebab perbedaan output tersebut adalah bobot Grand Filano yang lebih berat 5 kg dibanding Fazzio.


Bagi Anda yang memiliki tinggi badan kurang dari 170 cm, mungkin tidak akan bisa menapak sempurna saat menunggangi Filano. Karena ketinggian joknya 790 mm, tergolong tinggi untuk sebuah skutik 125 cc.


"Target market Filano memang berbeda dari Fazzio. Melalui motor ini, Yamaha sengaja ingin mengajak konsumen untuk step up ke level lifestyle yang lebih tinggi melalui keunggulan desain mewah, teknologi terbaru dan fitur canggih yang semakin berkelas," pungkas William.


Bagaimana menurut Anda, apakah semua spesifikasi Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memenuhi kebutuhan dan selera berkendara Anda?

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha gear