iklan jual beli mobil

Harga Mirip dan Sama-sama SUV Hybrid, Pilih XL7 Atau Grand Vitara?

  • Suzuki XL7 kini hadir dengan teknologi hybrid serta berbagai pembaruan dari sisi eksterior, interior, hingga keamanan. Kabar baiknya, harga yang ditawarkan lebih rendah dibanding pesaing di kelasnya, termasuk sang kakak, Suzuki Grand Vitara. 
  • Lalu, dengan budget yang mirip antara Grand Vitara dan New XL7 Hybrid, mana ya yang pantas dipilih konsumen? Berikut ulasannya.

Surabaya, Otojatim.com - Suzuki resmi meluncurkan produk SUV Hybrid terbaru yaitu New XL7 Hybrid pada 15 Juni 2023. Mobil ini digadang-gadang sebagai pelopor SUV 7 penumpang dengan teknologi hybrid. 


New XL7 langsung jadi saingan berat di segmen SUV hybrid melihat harganya yang terbilang paling murah diantara rivalnya, yakni mulai dari Rp 266 juta hingga Rp 314 jutaan (OTR Surabaya).


Bahkan masih lebih murah dibanding saudaranya, Grand Vitara, yang juga dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) atau mild hybrid. Dimana Grand Vitara dibanderol seharga Rp 372 - 398 juta (OTR Surabaya).


Secara konsep, Grand Vitara dan XL7 memang cukup berbeda. Grand Vitara merupakan SUV 5 seater yang membawa nama legenda sejak 1988. Sedangkan Suzuki XL7 hadir dengan 7 seater yang dikembangkan dari basis Suzuki Ertiga.


Target marketnya pun berbeda. Suzuki New XL7 Hybrid menyasar first buyer yang mengedepankan kebutuhan keluarga. Sedangkan Grand Vitara membidik konsumen-konsumen yang ingin menambah atau mengganti mobil di garasinya dengan unit yang lebih bergengsi.


"Grand Vitara lebih luxurious, lebih high end, jadi fitur yang disematkan juga lebih heavy dibandingkan XL7," kata Harold Donel, Brand Development Head and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat ditemui di acara Launching New XL7 Hybrid dan Media Test Drive, di Chimory Pasuruan, pada Sabtu (17/6/2023).

Dari segi mesin, baik Grand Vitara dan New XL7 sangat mirip. Hanya berbeda pada bagian injektor bahan bakarnya saja. 


Diketahui pada tubuh Grand Vitara ditanamkan mesin berkode K15C dengan teknologi Dualjet Suzuki dimana terdapat dua buah injektor bahan bakar yang ditaruh sangat dekat dengan inlet valve.


Semetara New XL7 dengan mesin berkode K15B-nya tidak dibekali teknologi yang sama. Artinya, injektornya hanya ada satu di setiap ruang bakar.


Hasilnya, Grand Vitara punya performa yang lebih responsif, bertenaga, serta irit bahan bakar dibandingkan XL7, terutama varian Zeta yang tidak memakai teknologi hybrid.

"Untuk dual jet dan juga single seperti itu nantinya akan mempengaruhi tingkat responsibilitas mesinnya. Ini murni untuk diferensiasi masing-masing segmen baik Grand Vitara dan New XL7 Hybrid," tambah Harold. 


Tapi dari segi baterai, New XL7 Hybrid lebih unggul. Dimana jenis yang digunakan adalah lithium ion berukuran 10 Ah 12 V, sementara Grand Vitara masih pakai kapasitas 6 Ah 12 V. Artinya, meski masih masuk kategori Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV), performa New XL7 Hybrid sudah lebih mumpuni berkat baterai yang lebih supportive dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa.


Lalu, jika konsumen punya budget yang cukup untuk membeli salah satu dari kedua jenis SUV tersebut, sebaiknya pilih yang mana ya? Harold menyarankan untuk kembali melihat kebutuhan masing-masing. 


"Bagi konsumen yang ingin mengakomodir kebutuhan keluarga, seperti bawa stroller bayi dan banyak bawaan lainnya, kami rekomendasikan New XL7 Hybrid. Namun, untuk konsumen yang ingin mengutamakan gaya luxury, dinamis, eksekutif, kami sarankan pilih Grand Vitara," pungkas Harold.


Sebagai tambahan informasi, New XL7 hadir dalam varian Alpha, Beta, dan Zeta. Dimana pada varian Zeta tidak disematkan teknologi hybrid. Untuk pilihan transmisinya ada automatic transmission (AT) dan manual transmission (MT).


Berikut daftar harga di on the road Jawa Timur:

  • XL7 Hybrid Alpha AT: Rp 314.500.000,-
  • XL7 Hybrid Alpha MT Rp 304.000.000,-
  • XL7 Hybrid Beta AT : Rp 303.500.000,-
  • XL7 Hybrid Beta MT: Rp 293.250.000,-
  • XL7 Zeta AT : Rp 277.250.000,-
  • XL7 Zeta MT : Rp 266.000.000,-

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi