iklan jual beli mobil

Asuransi Astra Gelar Estafet Peduli Bumi Demi Selamatkan Lingkungan dan Tingkatkan Kualitas SDM

  • Asuransi Astra gelar kegiatan Estafet Peduli Bumi di Surabaya. Sejumlah kegiatan seperti penanaman bibit mangrove, pemberian bantuan fasilitas ke sekolah, peningkatan literasi keuangan kepada siswa, serta pengelolaan sampah dilakukan demi melestarikan lingkungan dan meningkatkan kualitas SDM.

Surabaya, Otojatim.com - Asuransi Astra ikut ambil bagian dalam pelestarian lingkungan hidup. Salah satunya melalui rangkaian perwujudan aspirasi keberlanjutan Estafet Peduli Bumi (EPB) di Surabaya. 


Aspirasi keberlanjutan ini dibagi menjadi tiga kegiatan, yakni penanaman 5.000 bibit pohon mangrove, pengelolaan sampah yang berkolaborasi dengan Bank Sampah, dan penyaluran beasiswa hingga edukasi dan literasi keuangan berkelanjutan bagi sekolah vokasi Indonesia yang digelar pada 13 dan 14 Juni 2023.


Surabaya merupakan pemberhentian kedua bagi kegiatan EPB setelah Cianjur. Harapannya program ini dapat melahirkan aksi sosial nyata dari masyarakat terhadap bumi dan segala aspek di dalamnya. 


Sebanyak 5.000 bibit pohon mangrove diserahkan ke Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya. Tujuannya tak lain untuk membantu masyarakat sekitar agar terhindar dari ancaman besar perubahan iklim, seperti abrasi hingga angin topan.


Selain itu, pohon mangrove juga dipercaya efektif menyerap karbon dan menguncinya dalam jumlah besar, serta menghentikannya masuk dan merusak lapisan atmosfer. Lebih jauh, pohon mangrove sangat strategis untuk tempat hidup biota laut.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Asuransi Astra atas bantuan ribuan bibit. Memang belum banyak masyarakat yang teredukasi mengenai pohon mangrove ini. Padahal khasiatnya sangat besar bagi mitigasi perubahan iklim serta dapat melindungi mereka dari bencana alam," kata Ketua Pengelola Ekowisata Mangrove Wonorejo, Joko Suwondo.


Lebih lanjut Joko berharap dengan semakin lestarinya wilayah mangrove, dapat mendorong masyarakat untuk datang dan mengamati.


"Bukan hanya mengamati keindahannya saja, tapi juga manfaatnya. Ini merupakan langkah kecil pertama yang diperlukan, agar mereka dapat terus belajar dan memahami kebutuhan lingkungan serta menjaganya untuk anak cucu nantinya,” sambung Joko.

 

Masih dalam satu rangkaian acara, Asuransi Astra berkolaborasi dengan Bank Sampah, menyerahkan sejumlah bantuan untuk kegiatan operasional seperti timbangan sampah, laptop, dan printer. Tujuannya untuk mendorong produktivitas pengelolaan sampah masyarakat dan mengurangi pembuangan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang mencemari lingkungan.

 

Asuransi Astra juga meresmikan instalasi solar panel dengan kapasitas 8,7 kWp di kantor cabang Asuransi Astra Surabaya, Medan, dan Palembang. Langkah ini merupakan bagian dari gerakan pemanfaatan energi bersih ramah lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta mengurangi dampak pemanasan global dengan mengalihkan energi lama ke energi terbarukan berbasis surya secara masif. 

 

Di bidang pendidikan, Asuransi Astra berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan materi pemahaman manajemen keuangan kepada para murid yang dibawakan secara langsung oleh President Director Asuransi Astra, Christopher Pangestu.


Pada kegiatan ini, para murid melakukan aktivasi mandiri asuransi kecelakaan diri, yakni Garda Me Micro. Sejumlah beasiswa juga diberikan kepada beberapa murid kurang mampu. Tak ketinggalan, penyerahan bantuan komputer dan laptop kepada sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.


Hal ini dilakukan demi mencetak SDM yang semakin berkualitas agar dapat terus tumbuh dan berkembang sejalan dengan kebijakan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

“Kita semua mengandalkan alam untuk menyediakan kebutuhan dasar keberlangsungan hidup. Maka melindungi lingkungan adalah pondasi bukan hanya untuk mempertahankan planet Bumi tapi juga seluruh aspek kehidupan di dalamnya. Estafet Peduli Bumi ini adalah bentuk kesadaran Asuransi Astra dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup untuk generasi hari ini dan mendatang," kata President Director Asuransi Astra, Christopher Pangestu.


Christopher berharap EPB beserta komitmennya dapat diteruskan ke banyak kota di Indonesia agar manfaatnya lebih luas dan nyata.

 

Pada tahun 2022, Asuransi Astra telah berhasil menjalankan upaya sustainability dan menyebarkan kebermanfaatannya di 7 kota yakni Medan, Semarang, DKI Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, dan Sumba. 


Dalam menjalankan misinya, Asuransi Astra mengacu pada keempat pilar, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan. Tahun ini, Asuransi Astra akan terus berkontribusi di kota-kota selanjutnya guna memberikan dampak berkelanjutan demi memberikan peace of mind bagi jutaan masyarakat Indonesia.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi