iklan jual beli mobil

Hal Kecil Ini Bisa Bikin Mobil Kebakaran, Begini Tips dari Garda Oto

  • Kebakaran mobil akibat kecerobohan pemilik tidak ditanggung asuransi. Oleh karenanya, pastikan Anda memerhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari kerugian besar.

Otojatim.com - Tak hanya tabrakan, kecelakaan dalam berkendara bisa bermacam-macam bentuknya. Salah satunya kebakaran mobil. Meski termasuk kasus yang jarang terjadi, namun sangat perlu diantisipasi agar terhindar dari kerugian yang besar.


Garda Oto membagikan tips agar mobil Anda terhindar dari kasus kebakaran. Berikut ulasannya.


1. Hati-hati dalam melakukan modifikasi kelistrikan mobil

Setiap pabrikan kendaraan sudah memperhitungkan dan menguji keamanan sistem kelistrikan pada mobil produksinya. Sehingga modifikasi kelistrikan seperti lampu, kabel, modul hingga rangkaiannya, tidak direkomendasikan jika tak benar-benar dibutuhkan.


Jika Anda ingin melakukan modifikasi terutama pada bagian-bagian tersebut, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke bengkel resmi atau spesialis modifikasi kelistrikan yang terpercaya jika memang dibutuhkan. Pastikan modifikasi yang dilakukan aman sebelum diaplikasikan.


2. Hindari menyimpan barang mudah terbakar di dalam mobil

Benda-benda seperti korek gas, charger, power bank hingga pengharum mobil atau pengharum badan sangat rentan terbakar bahkan meledak jika mobil dalam kondisi panas berlebih, seperti terparkir di bawah terik matahari. Biasakan memeriksa barang-barang dengan teliti sebelum meninggalkan mobil yang terparkir.


3. Cek oli mesin mobil dan potensi kebocoran bahan bakar

Kebocoran oli dan bensin sangat berbahaya karena keduanya bersifat mudah terbakar. Hal ini biasanya terjadi akibat usia kendaraan yang sudah terlalu tua. Bisa juga karena lalai melakukan pemeriksaan rutin, dan penyebab sepele seperti lupa menutup tutup oli dan bahan bakar dengan benar. Akibatnya, tetesan oli dan bensin bisa terbakar jika mengenai bidang panas seperti pipa knalpot.


Selain itu, oli yang sudah lama tidak diganti juga dapat memicu kebakaran. Hal ini karena senyawa kimia dalam oli lama yang berubah, hal tersebut berimbas pada mesin yang cepat panas, komponen di dalamnya aus, dan berpotensi memicu kebakaran.


4. Jangan parkir dekat sumber api

Misalnya di samping tempat sampah yang baru melakukan pembakaran sampah. Bara api dari sisa pembakaran dapat terbang dan mengenai bagian mobil yang sensitif seperti kabel kelistrikan sehingga memicu kebakaran. Maka memarkir kendaraan tidak boleh sembarangan, pastikan aman dari sumber panas di sekitar.


5. Panel indikator jangan diabaikan

Mobil biasanya dilengkapi dengan instrumen yang memperlihatkan banyak simbol indikator sehingga pengguna dapat dengan mudah memantau kondisi kendaraan. 


Indikator tersebut menjadi pengingat bagi pengemudi apabila ada kesalahan sehingga bisa segera melakukan pemeriksaan. Misalnya jika indikator suhu mesin naik, berarti ada masalah pada bagian mesin mobil sehingga perlu melakukan pengecekan sebelum melanjutkan perjalanan.


6. Siap sedia alat pemadam api ringan

Salah satu yang sering dilewatkan oleh para pemilik mobil adalah menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Padahal ini penting sebagai pertolongan pertama saat mobil terbakar. Letakkan APAR di tempat yang aman dan mudah untuk dijangkau saat darurat.


“Selain memberikan perlindungan terbaik pada mobil, pemilik juga perlu menghindari penyebab terjadinya hal-hal yang merugikan. Pastikan selalu memeriksa kendaraan sebelum dan setelah memulai perjalanan, terutama pada barang-barang apa yang ditinggalkan di dalam mobil agar tetap peace of mind,” kata Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.


Berdasarkan apa yang tertulis pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 3 ayat 2, risiko kerugian dan atau kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh barang, hewan, zat kimia, air, benda cair lainnya, yang berada di dalam kendaraan, termasuk pengecualian penjaminan sehingga tidak akan dicover oleh polis asuransi mobil standar.


Untuk pemilik polis asuransi Garda Oto, bisa klik tombol darurat di aplikasi myGarda atau menelepon Garda Akses 1 500 112 jika terjadi keadaan darurat.


Garda Oto merupakan produk Asuransi Astra yang memberikan proteksi pada kendaraan. Perpanjangan polis asuransi hingga klaim dan perluasan jaminan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi myGarda. 


Bagi Anda yang ingin memberi proteksi lebih pada kendaraan, Garda Oto mengadakan promo cicilan 0% dan hadiah langsung Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Garda Healthtech Lite dengan total manfaat Rp1.8 juta melalui website gardaoto.com atau aplikasi Garda Mobile. 


Infomasi selengkapnya kunjungi bit.ly/promogardaoto.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi