iklan jual beli mobil

OLX Tekankan Pentingnya Safety Loading Saat Mudik Lebaran

  • Perisapkan perjalanan mudik tahun ini dengan matang agar nyaman dan aman sampai tujuan. 
  • Perhatikan bagaimana cara mengatur barang bawaan yang baik sehingga tidak berpotensi mencelakai diri sendiri dan pengendara lain.

Jakarta, Otojatim.com - Jasa Marga memprediksi akan adanya peningkatan volume lalu lintas mudik sebesar 2,2 juta kendaraan, atau lebih tinggi 2,8% dari Lebaran tahun lalu. Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-1 Idul Fitri dengan peningkatan 2,5% dibanding tahun lalu.


Melihat potensi padatnya arus mudik tahun ini, para calon pemudik harus melakukan persiapan ekstra sehingga perjalanan terasa nyaman dan aman. Salah satunya dengan mengatur barang bawaan agar tidak berlebihan dan mengganggu.


Sony Susmana, Senior Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menekankan soal safety loading yang kerap dianggap remeh oleh para pemudik padahal sangat penting untuk diterapkan.


Safety loading sendiri adalah praktik memuat barang ke dalam kendaraan secara aman dan nyaman sehingga mengurangi risiko bahaya. Menurut Sony, 8 poin berikut ini penting diperhatikan oleh para calon pemudik:


1. Pengenalan Kendaraan

Kenali jenis kendaraan Anda. Tidak semua kendaraan bisa mengakomodasi semua barang bawaan. Pastikan barang muatan yang dibawa tidak melebihi kapasitas beban maksimal kendaraan. Beban berlebihan akan membuat mesin bekerja jauh lebih keras dari sewajarnya.


2. Gunakan Roofbox

Jangan memuat barang bawaan di atas mobil tanpa menggunakan roofbox karena berpotensi terjatuh di jalan dan membahayakan pengendara lain dan diri sendiri. Pengaplikasian roofbox pun harus diperhatikan dengan benar. Seperti mengecek posisinya tertutup rapat, banyaknya barang sesuai dengan ukuran, dan memperhatikan rambu batas ketinggian mobil selama di perjalanan.


3. Penempatan Barang

Penempatan barang bawaan yang paling benar adalah di dalam kabin selama tidak overload dan overdimension. Usahakan menempatkan muatan yang paling berat di bagian paling bawah dan yang ringan di bagian paling atas.

4. Lashing

Lashing adalah mengikat barang bawaan sehingga tidak bergerak dan mengganggu pengendara. Untuk muatan di dalam kabin kendaraan dapat menggunakan cargo net, sementara yang di bagian atas kendaraan bisa memakai roofbox dengan strapper yang sesuai dengan standar keamanan. 


5. Faktor Bahaya

Ada faktor-faktor bahaya yang harus diwaspadai saat membawa barang muatan di atas mobil. Seperti angin kencang, jalanan berlubang, tikungan tajam, dan menanjak atau menurun. Karena kinerja kendaraan jadi dua kali lebih berat dari biasanya, maka pengendara harus menyadari batas kemampuan kendaraannya.


6. Cara Berkendara

Beban tambahan akan membuat kinerja mobil semakin berat, maka pengemudi harus lebih hati-hati lagi dalam melajukan kendaraan. Hindari melakukan hard-braking (menginjak rem secara tiba-tiba) dan selalu menjaga jarak. Saat jalanan menurun, pastikan menahan kecepatan dengan engine brake. Ketika jalan menanjak, gunakan momentum gerakan kendaraan secara maksimal sehingga tidak gagal saat menanjak. Begitu pula saat menikung karena kendaraan jadi lebih mudah terguling lantaran pusat gravitasi yang berubah.


7. Journey Management

Manajemen perjalanan adalah hal yang penting. Sepakati bersama keluarga, apa saja yang mau dibawa. Biasanya barang muatan yang dibawa kembali dari kampung akan lebih banyak dari pada saat berangkat. Maka usahakan mengurangi barang bawaan saat berangkat mudik.


8. Co-Driver

Keberadaan co-driver akan sangat membantu terutama saat perjalanan jauh. Selain menjadi pengganti pengemudi, co-driver juga bisa membantu navigasi dan menemani pengendara sepanjang jalan. Akan lebih baik jika driver dan co-driver memiliki chemistry yang cocok sehingga perjalanan jadi jauh lebih menyenangkan.


Selain safety loading, menggunakan mobil yang aman dan nyaman juga merupakan hal penting saat mudik. Untuk itu, OLX Autos menawarkan berbagai macam pilihan mobil bekas berkualitas yang telah lulus uji inspeksi, bebas banjir, dan juga bebas tabrak dengan keuntungan gratis biaya perawatan, garansi mesin 30 hari, garansi 7 hari uang kembali, serta layanan purna jual lainnya.


Selama Bulan Ramadan, OLX Autos menawarkan promosi menarik berupa Program Promo THR 2023 OLX Autos yang meliputi bonus saldo digital, voucher belanja, logam mulia emas, dan grand prize satu unit motor Yamaha NMAX.


Untuk menikmati keuntungan tersebut, pelanggan cukup membeli atau menjual mobil bekas di semua OLX Autos Store, aplikasi, dan juga website. Pelanggan wajib menuliskan Google Review atau Instagram Feed Review, juga wajib mem-follow akun media sosial OLX Autos di @olxautos.id.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi