iklan jual beli mobil

Astra Honda Youthpreneurship Program Cetak Lulusan SMK Sukses Jadi Pengusaha Bengkel

  • Yayasan Astra Honda Motor mendukung anak muda alumni SMK untuk menjadi pengusaha sukses, lewat Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP).
  • Dukungan yang diberikan mulai dari pembinaan dan pendampingan, bantuan peralatan, biaya renovasi bengkel, serta upaya kerjasama dengan beragam stakeholder terkait.

Bali, Otojatim.com - Yayasan Astra Honda Motor (AHM) mengadakan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP) demi mendorong kemandirian ekonomi di kalangan generasi muda alumni SMK. Salah satu pesertanya, Esta Garage berhasil mengembangkan ragam layanan di bengkelnya hingga omsetnya kini mencapai Rp25 juta/bulan.


Berlokasi di Canggu, Kabupaten Badung, Bali, bengkel Esta Garage dikembangkan oleh Yoga Prasetyo yang merupakan alumni SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi. Di sanalah ia belajar otomotif lewat fondasi pengetahuan yang disajikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda. 


Selepas lulus SMK, ia semakin tekun mengembangkan skill dengan mengikuti AHYPP pada tahun 2019. Bersama alumni SMK lainnya, Yoga menginisiasi pengembangan bengkel motor perdananya di Banyuwangi di bawah binaan Yayasan AHM.


Berbekal ilmu dan semangat dalam mengembangkan bengkel, Yoga hijrah ke Bali dimana ia melihat potensi besar untuk melejitkan bisnisnya melalui diversifikasi layanan di bengkelnya.


“Sejak bergabung dengan program pembinaan Astra Honda, bengkel kami mendapat beragam kemudahan, salah satunya adalah fasilitas permodalan tanpa bunga. Bisnis kami juga semakin berkembang berkat pendampingan yang diberikan dalam pengelolaan bengkel secara profesional dengan menerapkan ilmu manajemen bengkel. Bengkel saya melayani beragam konsumen baik dari masyarakat lokal dan turis mancanegara,” kata Yoga.

Bermodalkan pembinaan kewirausahaan dari Yayasan AHM, kini Esta Garage tidak hanya melayani perbaikan sepeda motor, tetapi juga restorasi, fasilitas pencucian motor, penjualan variasi motor, salon motor, penyewaan, hingga bengkel bubut/korter mesin motor. 


“Semoga pencapaian Yoga ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa SMK TBSM Honda khususnya di Jawa Timur, untuk terus mengembangkan keahliannya,“ kata Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim.


Program AHYPP sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2017, dan telah konsisten memberikan pembinaan dan pendampingan kepada lebih dari 30 bengkel milik wirausaha muda alumni SMK binaan yang tersebar di Aceh, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Pulau Bali. 


Khusus di Bali, Yayasan AHM membina empat bengkel alumni siswa SMK TBSM Astra Honda, diantaranya Esta Garrage yang berlokasi di Canggu, Kabupaten Badung dan Kembar Jaya Motor, Bali Motor di Kabupaten Karangasem, serta LET Motor di Kabupaten Gianyar. 


Ahmad Muhibbuddin, selaku Ketua Yayasan AHM menyampaikan harapannya dalam memberikan fondasi kuat kepada para bengkel binaan agar mampu mandiri memberikan layanan purnajual sepeda motor ke masyarakat. 


“Kami terus membina dan mendampingi para bengkel binaan dengan beragam kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan usaha saat ini. Harapannya ini dapat menghantarkan mereka pada sebuah kemajuan. Beragam dukungan berupa bantuan peralatan, biaya renovasi bengkel, serta upaya kerjasama dengan beragam stakeholder, kami lakukan melalui program AHYPP,” kata Muhibbuddin.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi