iklan jual beli mobil

Pelajar Asal Malang Berhasil Menangkan Astra Honda Best Student 2022 Lewat Mesin Pengering Biji Kopi

  • PT. Astra Honda Motor selama 20 tahun mengadakan acara AHM Best Student yang berhasil mencetak karya-karya luar biasa dari para pelajar di Indonesia yang mampu memberikan solusi bagi masyarakat dan lingkungan. Tahun ini pelajar dari SMAN 8 Malang berhasil keluar sebagai juara mengalahkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Surabaya, Otojatim.com - PT. Astra Honda Motor (AHM) menggelar Astra Honda Best Student (AHM Best Student) 2022 secara virtual pada Sabtu (24/9/2022).


Apresiasi tertinggi diberikan kepada peserta perwakilan Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT yang berhasil membawa pulang penghargaan level Gold atau terbaik di kategori Invensi.


Penghargaan ini diberikan kepada Sekar Ayu Ramadhani sebagai perwakilan dari SMAN 8 Malang, Jawa Timur dengan karyanya berupa mesin pengering biji kopi dengan tenaga surya sebagai sumber energi penggerak sistem kerja mesin.


Berkat mesin yang ia buat, proses pengeringan yang semula memakan waktu 14 hari dengan tenaga matahari langsung, kini dapat dipangkas dengan cukup hanya 1 hari saja.


“Alhamdulillah saya berhasil meraih Level Gold pada AHM Best Student 2022 ini. Saya mengucapkan terima kasih banyak untuk dukungan semua pihak. Semoga karya saya ini dapat bermanfaat bagi petani kopi di daerah kabupaten Malang, dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia," kata Sekar Ayu.


Selain mengirim peserta terbaik, MPM Honda Jatim juga mendapatkan penghargaan sebagai main dealer terbaik pada pelaksanaan AHM Best Student 2022. Ini berarti MPM Honda Jatim sudah mencetak hattrick dengan menyabet penghargaan selama 3 tahun berturut-turut.


“MPM Honda Jatim berkomitmen untuk terus mendukung prestasi anak bangsa yang kreatif dan berprestasi melalui kegiatan AHM Best Student. Selama 20 tahun ini, banyak karya yang telah dihasilkan oleh siswa/siswi sekolah di Jatim & NTT. Semoga acara AHM Best Student ini bisa terus berkontribusi memajukan anak-anak bangsa," kata Suwito M, selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim.


AHM Best Student sudah 20 kali digelar. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Berkreasi Menebar Inspirasi”. Tak kurang dari 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia yang mengikutsertakan karyanya.


Ada dua kategori karya yang dinilai pada ajang ini, pertama karya yang masih berada dalam tahapan konsep yang diwujudkan dalam bentuk prototype atau purwarupa dan memiliki potensi dampak dan manfaat saat penerapannya. Kedua adalah kategori invensi dimana karya harus telah dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dan minimal sudah diuji oleh pihak berkompeten atau mendapatkan pengakuan manfaat serta memiliki identitas produk yang memberikan dampak terukur.


Kesemua karya harus mengandung topik Social Development Goals (SDG’s) yang memiliki tujuan pembangunan berkelanjutan. Keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik juga turut menjadi penilaian.


Beragam ide dan karya dari anak-anak muda ini, haruslah mengedepankan kepedulian terhadap isu lingkungan dan sosial di wilayahnya sehingga menghasilkan produk alternatif dari pemanfaatan limbah hingga energi terbarukan.


Astra Honda Best Student 2022 yang diadakan secara virtual ini diikuti oleh lebih dari 16.107 orang. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh tamu yang inspiratif, yakni Andi Gilang, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) dan Bintang Emon, stand up comedian yang juga content creator Indonesia.


Ahmad Muhibbuddin selaku General Manager Coporate Communication AHM mengatakan bahwa penyelengaraan AHM Best Student selama dua dekade ini adalah bukti dari konsistensi perusahaan dalam menggali potensi SDM unggul berkarakter khas anak muda di Tanah Air.


Mengusung tema "Care, Creative & Confident", AHM berusaha mengelaborasi dan mengapresiasi karya-karya anak bangsa yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungannya.


“Kami menantang para siswa agar berpikir kritis dan kreatif dalam membuat karya yang mampu menjawab isu-isu sosial dan lingkungan. Kami lihat beragam ide dan temuan dari siswa SMA ini sangat menarik untuk dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut agar memenuhi standar yang berlaku. Kami sangat mengapresiasi seluruh peserta yang sudah mengatur waktu di tengah kesibukan studi untuk terus berkarya dan berprestasi,” kata Muhib.


AHM Best Student tahun ini sudah dibuka sejak 11 Mei - 31 Juli 2022 kemarin. Proses seleksi dilakukan secara berjenjang dari level regional melalui jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.


Dari tingkat regional, terpilih 22 karya dari 79 karya yang masuk di level nasional dan dinilai oleh dewan juri profesional di bidangnya, seperti Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, dosen PPM School of Management dan London School of Public Relations, serta ada juga juri dari kalangan praktisi. 


Karya-karya terbaik AHM Best Student 2022 berhak mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp 72 juta.


Wadahi Kreatifitas Alumni

Selama dua dekade, AHMBS telah diikuti oleh 1.284 orang yang kini sudah menduduki beragam profesi. Tahun ini, ada 4 alumni AHM Best Student yang bergerak di bidang kewirusahaan yang mendapat dukungan dana pengembangan UMKM senilai Rp 100 juta. Bantuan ini akan terus bergulir bagi para alumni lainnya sesuai dengan kriteria.


“AHM Best Student telah membuka wawasan hidup, mengasah kepercayaan diri, serta meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan. Acara ini juga merupakan wadah yang tepat untuk menghasilkan kreasi yang positif sekaligus melakukan networking dengan teman seusia dari seluruh Indonesia,” kata Gracia Paramitha Ph.D, alumni tahun 2006 yang tergabung dalam forum alumni Sahabat AHM Best Student.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi