iklan jual beli mobil

Pakai Busi Tepat, Performa Mesin Jadi Kuat. Ini yang Terjadi Bila Salah Pilih

busi asli yamaha

Otojatim.com - Fungsi busi adalah untuk membakar campuran udara dengan bensin, juga membantu untuk melepas panas dari ruang pembakaran. Pentingnya peranan komponen ini pada mesin sepeda motor, para pemilik kendaraan perlu memilih #busi yang asli dan berkualitas agar memberikan kinerja yang maksimal.

Perhatikan beberapa hal ini dalam memilih busi untuk performa mesin Anda:

1. Ukuran busi
Pastikan diameter ulir busi, panjang ulirnya dan jangkauan insulator telah sesuai dengan spesifikasi mesin. Karena jika berbeda, maka akan mengakibatkan penempatan busi menjadi longgar, mudah overheat, menjadikan pengapian tidak sempurna dan bahkan bisa merusak piston.

2. Angka panas busi
Pastikan angka panas busi telah sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda, karena bila angka terlalu besar akan mengakibatkan busi terlalu dingin saat di ruang bakar, sehingga muncul endapan karbon pada busi (carbon fouling). Sebaliknya busi yang dipakai angka terlalu kecil akan menjadikan busi terlalu panas. Akibatnya busi mengalami overheat dan mengalami misfire (gagal pengapian).

Angka panas busi ini akan tertera pada model busi, misalnya pada busi NGK Iridium motor Yamaha dengan kode CR8. C adalah kode ulir 10mm, R berarti busi resistor dan 8 merupakan angka panas busi.

Bila angka busi yang tertera semakin (7,8,9) maka termasuk golongan busi dingin. Begitu pula sebaliknya, bila semakin rendah (dibawah 6) maka digolongkan busi panas.

Baca: Diskon Special Untuk Pembelian Yamalube Dan Yamaha Genuine Part

Busi dingin mempunyai insulator yang pendek sehingga lebih cepat melepas panas, cocok digunakan untuk mesin motor berperforma tinggi, seperti motor balap. Sedangkan busi panas lebih cepat panas dan lebih lambat dalam melepaskan panas, sehingga cocok digunakan untuk motor sehari-hari.

3. Penampilan fisik busi
Pastikan busi yang akan digunakan dalam kondisi prima dengan memperhatikan beberapa ciri fisik berikut :
1. Gasket (ring) sangat sulit dilepas
2. Metal shell lebih mengkilap karena melalui proses chromium plating Cr3
3. Ulir terminal nut lebih halus dan rapi
4. Konstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan pada busi sangat rapi

“Produk terbaik dengan performa maksimal pastinya didukung spare part yang berkualitas, maka Yamaha selalu menggunakan dan juga menyediakan spare part asli Yamaha dengan kualitas yang sudah terstandarisasi.

Salah satunya adalah busi. Pemilihan serta penggunaan busi yang tepat dan sesuai standard, dapat memaksimalkan pembakaran di dalam ruang bakar, sehingga akan meningkatkan performa mesin dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar dalam berkendara,”jelas Antonius Widiantoro, selaku manager Public Relations, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Baca: Efek Samping Dari Memotong Elektroda Busi

Untuk menjamin kualitas dan keaslian busi, Yamaha menyediakan busi dengan kualitas terbaik untuk sepeda motor kesayangan Anda serta didukung jaringan bengkel resmi dan teknisi berpengalaman yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga proses pemasangan akan sesuai dengan standar resmi yang sudah ditentukan. #aslilebihbaikbersamayangahli
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi