iklan jual beli mobil

Tips Astra Peugeot: Merawat Karet Pintu Mobil Agar Tetap Awet

list karet pintu mobil

Otojatim.com - Pada pintu mobil terdapat list karet panjang mengelilingi daun pintu, berfungsi sebagai peredam impact saat buka-tutup pintu. Di sini beberapa orang kadang menambah karet pintu aftermarket universal yang dapat menambah tingkat kekedapan suara kabin mobil.

#karetpintumobil #peugeotindonesia

Jika umur pemakaian sudah lama dan tidak dirawat, maka fungsinya jadi berkurang dan sudah saatnya harus diganti. Adapun ciri-ciri karet pintu mobil sudah baal bisa terlihat dari teksturnya yang mengeras dan tidak elastis lagi.

“Untuk mengetahui ciri-ciri karet pintu yang harus waktunya diganti. Pertama, dilihat dari bentuknya berubah menjadi gepeng. Timbul suara-suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan, kekedapan berkurang. Bila dilihat secara fisik karet sudah banyak bagian yang rusak atau hancur. Bila sudah terdapat ciri-ciri tersebut sebaiknya peranti ini diganti baru,” jelas Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Rafi’I menjelaskan, apabila ditemukan karet pintu mobil berbentuk gepeng. Biasanya saat menutup pintu muncul suara besi seperti beradu. Mengakibatkan kurangnya kedap suara di kabin mobil. Tambah tidak karuan jika komponen ini bukan cuma usang, tapi rusak atau robek parah.

Bisa dipastikan air dari luar sangat mudah menyelusup ke dalam kabin. Jangan sampai hal ini dibiarkan. Setidaknya usahakan agar karet-karet pada pintu mobil bisa tahan lama juga awet.

“Paling penting dimulai dari memilih tempat parkir yang teduh. Karena mobil yang teduh dari paparan terik matahari, akan membuat karet terutama di pintu tidak cepat mengering dan bisa tahan lebih lama. Lalu hindari apapun yang bisa kontak langsung dengan karet, terutama saat keluar-masuk mobil atau memasukkan dan mengeluarkan barang. Karena gesekan keras bisa membuat karet mudah robek,” tambah Rafi’i.

Biasakan selalu membersihkan kotoran yang menempel pada karet pintu. Caranya adalah dengan mencuci, menyiram di sela-sela lekukan pada karet mobil. Gunakan air bersih untuk merontokkan kotoran, atau bisa juga memanfaatkan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet tersebut.

Cairan ini juga bisa dimanfaatkan ketika mobil terpapar sinar matahari yang menyebabkan karet pintu menjadi kering dan tidak tahan lama.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi