iklan jual beli mobil

Cara Merawat Sunroof Mobil Supaya Lebih Awet

cara merawat sunroof mobilSunroof panoramic Peugeot 3008

Oto Jatim - Cuaca yang panas pada musim kemarau ini jelas memiliki beberapa dampak pada kendaaraan. Khususnya bila mobil selalu berada di area terbuka yang terpapar sinar matahari secara langsung secara terus-menerus. Salah satu perangkat yang paling rentan terdampak adalah sunroof dan panoramic sunroof.


Fitur ini sudah dipakai beberapa mobil modern, seperti Peugeot 3008 dan 5008 tipe GT Line dan Allure Plus. Panoramic sunroof yang disematkan pada kedua model tersebut memberikan kesan mewah dan juga membuat ruang kabin menjadi terasa lebih lega.

Tetapi fungsi sunroof tentunya tidak bisa dianggap sebagai aksesoris semata. Fitur tersebut juga masih memerlukan perawatan rutin bagi pemilik mobil di negara tropis. Agar sunroof tetap awet serta dapat mencegah terjadinya kerusakan semisal kebocoran.

Baca: Merawat wiper mobil

Pemilik mobil yang mempunyai sunroof disarankan secara rutin memberikan perhatian, minimal sebulan sekali. Meski dalam perawatannya, tak harus melulu dilakukan di bengkel resmi.

“Para owner bisa melakukan perawatan sendiri pada sunroof mobilnya di rumah,” kata Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Sunroof sebenarnya didesain tahan lama atau sesuai dengan umur mobil sehingga cukup awet. Namun bila ada perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil, biasanya dapat mengganggu fungsi sunroof tersebut.
tips merawat sunroof

Yang paling sering adalah karet menjadi keras akibat sering terjemur sinar matahari secara langsung. Sehingga lambat laun proses buka tutup kaca akhirnya tersendat dan menjadi kurang rapat ketika posisi menutup.

Baca: Perawatan Sunroof Panoramic SUV Peugeot, Agar Performa dan Kualitas Terjaga

Merawat sunroof pada dasarnya tidak jauh beda dengan merawat kaca depan mobil. Materialnya sama-sama terbuat dari kaca, hanya saja kaca pada sunroof bahannya lebih tebal dibanding kaca depan. Satu hal yang perlu diingat, setiap komponen pada kendaraan bermotor tetap memiliki usia pakai.

Mobil yang memiliki komponen kaca di bagian atap sebaiknya diperlakukan khusus dengan selalu diupayakan diparkir di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Ini supaya tetap menjaga karet-karet sunroof tetap lentur untuk jangka waktu yang lebih lama.

Jadi, mulai sekarang pilih-pilih tempat parkir ya. Supaya sunroof lebih awet.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi