Holden Dari Kebanggaan Australia Tetapi Pensiun Dari Jagat Otomotif

Berawal dari Mimpi Menjadi Mobil Nasional Terlama Hingga Sekarang 


Melbourne, Otojatim.com Minggu kelabu untuk Holden, Setelah memutuskan berhentikan penjualan Commodore dan Astra dengan alasan penjualan buruk. Sekarang General Motor memutuskan untuk menutup semua lini bisnis mobil mereka setir kanan termasuk Holden jadi korban dari kebijakan ini.

Semua karyawan Holden tidak percaya hal ini berimbas ke mereka, Malah itu semua tidak terpikirkan sebelumnya karena Holden sudah menjadi bagian dari Australia selama ini. Sampai pusat Riset dan Desain pun harus ditutup oleh General Motors dengan alasan tidak memiliki profit sama sekali. Seperti diterjang air bah, Begitulah yang terjadi di General Motors.

Entah apa yang merasuki manajemen GM sampai menutup semua bisnis mereka di wilayah dengan sistem setir kanan. Entah karena utang yang terus menumpuk atau ingin fokus ke model setir kiri yang dianggap menguntungkan untuk saat ini.

Pasalnya, Holden sudah menjadi bagian dari Australia dan karakter negara yang terbilang beragam ini. Bermesin besar, model Ute yang digemari oleh semua lapisan dan sejarah panjang yang membantu perekonomian Australia hingga sekarang.

SEMUA BERAWAL DARI KOTA ADELAIDE
From ABC Australia, Mobil Pertama Holden 


Kelahiran Holden sendiri berawal dari kota di Australia Selatan, Adelaide. Sebuah kota minimalis dimana lahirnya Holden itu sendiri. Sebenarnyanya nama Holden itu berasal dari seorang bernama James Alexander Holden. Imigran asal Inggris yang punya keinginan membangun mobil dengan brand khusus.

Holden sendiri sampai sekarang sudah 164 tahun, cukup tua untuk brand yang bertahan selama 100 tahun lebih. Awal kehadiran Holden, mereka hanya bisa buat mobil dari brand-brand yang sudah hadir sebelumnya. Bahkan mereka merakit mobil dari Ford untuk pasar Australia. Setelah itu, mereka jadi distributor bodi dari General Motor.

Baru di tahun 1948, Holden membuat mobil dengan karakter yang sesuai dengan keinginan masyarakat Australia. Karena itu lahir sebuah mobil dengan bak dibelakang tetapi fungsionalitas setara sedan. Holden 50, sebelumnya Holden buat Holden 48 yang dikenal sebagai sedan.

Street Machine Holden FC Bukti Penjualan Holden Meroket Tajam pada era-nya 


Berlanjut lagi ke era 50-an, masuk lah model Holden FC dan model ini jadi pertama di Indonesia, konon dirakit di Indonesia juga model FC. Tidak heran, kalau Holden pernah menginjak kaki di Indonesia di era 50-an.

Tidak bisa dipungkiri, Holden sendiri sangat maju dan terkenal di masa-nya karena model yang dibuat sesuai dengan keinginan masyarakat Australia itu sendiri. Bersambung ke bagian kedua




LihatTutupKomentar