iklan jual beli mobil

Adira Finance dan Kemenparekraf Resmikan Carangsari Bali Sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara

  • Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf dan didukung oleh sederet perusahaan swasta, menggelar rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari, Bali. Acara ini merupakan bagian dari program CSR Adira Finance untuk mengembangkan pariwisata, budaya, kearifan lokal, serta pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Bali, Otojatim.com – PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) meresmikan landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari dan Festival Pasar Rakyat di Pasar Adat Desa Carangsari Bali sebagai destinasi ke-3 rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 (8/10/2022).


Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal yang berfokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, serta pemberdayaan UMKM di Indonesia.


“Adaptasi, Kolaborasi, dan Inovasi menjadi aspek penting dalam pengembangan Desa Wisata. Adanya inovasi yang dilakukan oleh Adira Finance dalam pelaksanaan rangkaian program Festival Kreatif Lokal yang dikolaborasikan dengan program ADWI oleh Kemenparekraf tentunya menjadi langkah strategis untuk mengangkat potensi sektor parekraf desa wisata secara lebih luas," kata Indra Ni Tua, Direktur Tata Kelola Destinasi, Kemenparekraf/Baparekraf saat meresmikan landmark Desa Wisata Ramah Berkendara


Lebih lanjut Indra mengungkapkan apresiasinya atas komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata. Ia berharap, kolaborasi ini dapat memulihkan perekonomian sektor pariwisata Bali pasca pandemi.


Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila, juga menyatakan harapannya untuk bisa memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM. 


"Kami menjalin kerjasama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI untuk melaksanakan rangkaian Festival Kreatif Lokal, karena ini sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia.”


Carangsari dipilih menjadi salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena dinilai telah memenuhi kriteria yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas memadai, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yakni tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lain. 


Desa Carangsari juga memiliki destinasi wisata yang menarik, contohnya Taman Beji Samuan, perkebunan cokelat, dan Sungai Ayung yang merupakan sungai terpanjang di Bali.


Dalam Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara, komunitas motor diajak touring ke desa wisata untuk membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata tersebut. Dengan begitu, diharapkan sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan dapat tumbuh menjadi salah satu destinasi liburan wisatawan lokal khususnya bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Adapun pihak-pihak yang mendukung penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini diantaranya: Kemenparekraf RI, Zurich Asuransi Indonesia (Zurich), MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.


"Program ini sejalan dengan tujuan Zurich yakni “Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama”, maka kami sudah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal ini sejak tahun 2020," kata Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara.


“Kami bangga dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Mengingat bagaimana pelaku usaha merupakan salah satu penggerak perekonomian, maka Zurich akan memberikan edukasi pengelolaan risiko sebagai bentuk dukungan dalam mengembangkan UKM di Indonesia khususnya Desa Wisata," lanjut Edhi.


Edhi juga mengungkapkan kegembiraannya melihat antusiasme yang tinggi dari komunitas motor. Melalui Motopro, salah satu produk perlindungan motor dari Zurich, Edhi menyatakan siap memastikan perlindungan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada anggota komunitas motor tersebut ketika berwisata.


“Terima kasih kepada seluruh pengelola desa wisata, Kemenparekraf RI, Zurich, MUFG, Bank Danamon serta mitra pendukung kami lainnya atas kolaborasi dan peran aktifnya dalam menyelenggarakan rangkaian Festival Kreatif Lokal. Saya harap program ini dapat memberikan manfaat tidak terbatas dan dapat meningkatkan minat wisatawan lokal untuk berkunjung, sehingga ekosistem desa wisata setempat bisa terus bangkit dan berkembang,” tutup Dewa Made Susila.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi