Aprilia SRGT

Jet Darat: Vettel Pensiun. Verstappen Menang Lagi

 

FIA


Otojatim- Kejuaraan balap Formula Satu memasuki jeda musim panas setelah menyelenggarakan balapan di Hungaria pada 31 Juli lalu, Lagi-lagi pemenang dalam balapan ini dikuasai oleh orang yang sama seperti di GP Perancis lalu, akan tetapi balapan ini tidak bisa dicap mudah untuknya. Sementara itu, kubu tim Aston Martin mendapat pengumuman mendadak pada satu pebalapnya. Apa saja yang terjadi di Hungaroring? Mari kita rangkum di Jet Darat.


Setelah sebelumnya berjaya di Paul Richard, Perancis lalu. Max Verstappen kembali menjadi jawara dengan menuntaskan 70 lap di Hungaroring, Hungaria. Hasil ini diraih pebalap Red Bull ini lagi-lagi dengan mengasapi duet Mercedes yang sebelumnya juga menguntitnya di GP Perancis yakni Lewis Hamilton dan George Russel. Verstappen sendiri memenangkan lomba dengan menggunakan kompon sedang yang merupakan kompon ban terbaik dikarenakan suhu trek semakin dingin akibat hujan pada beberapa jam sebelumnya. Pebalap Belanda ini sempat melintir di tikungan 13 saat melawan Charles Leclerc dari Ferrari, namun kembali memimpin lomba setelah melakukan pitstop jitu dengan menggunakan kompon lebih lembut.

Petaka terjadi pada Leclerc, pebalap Perancis ini kesulitan berlaga karena menggunakan ban berkompon keras ketika pitstop di paruh akhir balapan. Padahal tim Haas dan Alpine yang berjudi dengan ban kompon keras kesulitan menguasai perlombaan. Akibatnya, mobil susah dikendalikan dan Laclerc finish keenam di belakang pembesut Red Bull, Sergio Perez. Rekan setim Leclerc, Carlos Sainz malah finish keempat dikarenakan strategi pemakaian ban kompon sedang membuat pebalap Spanyol ini lebih cepat mendapat cengkraman sepanjang lomba. Charles Leclerc mengaku kalau ia tidak paham dengan strategi Ferrari yang mengakhiri stint keduanya dengan cepat dan beralih ke ban kompon keras.

Padahal ia sudah menolak strategi itu dan ingin memakai ban mediumnya selama mungkin. Tapi pada akhirnya, ia harus percaya dengan tim. Leclerc berpendapat kalau seharusnya stint kedua bisa berlangsung lebih lama. Menurutnya pit stop pertama sudah benar, tapi ia tidak paham mengapa stint keduanya harus dipangkas dan ganti ke kompon keras. Itu membuatnya kesulitan dan kehilangan raih podium atau bahkan kemenangan.Pembalap Monako ini mengaku frustasi, karena ada saja masalah yang dialami oleh timnya. Leclerc menuntut Ferrari untuk segera berbenah dalam hal memaksimalkan balapan.

Dalam balapan ini, Sebastian Vettel yang mampu finish kesepuluh malah mengumumkan kalau pebalap Jerman ini akan pensiun di musim 2022. Ia sebelumnya membuat akun instagram untuk membuat pengumuman mendadak soal pengunduran diri dari tim Aston Martin. Vettel sendiri bukan orang sembarangan di F1, karena pebalap asal Heppenheim, Jerman ini telah mengoleksi 4 kali Juara Dunia F1, 53 kemenangan, 122 kali podium. Pebalap yang berjasa untuk Alpha Tauri, Red Bull dan Ferrari ini dirumorkan akan digantikan oleh pebalap yang saat ini membela Haas, Mick Schumacher. “Ya, tentu saja, Saya telah berbicara dengan Lawrence (Stroll) kemarin dan memberi tahunya kalau saya tidak akan melanjutkan (balapan),” ucapnya via The Race. “Kami ada sedikit berbincang tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Saya punya pendapat pribadi. Saya sangat memikirkan Mick. Bukan Saya objektif karena Saya sangat dekat dengannya, namun Saya pikir ia adalah pembalap yang hebat dan merupakan pembalap yang mau belajar,” jelas pembalap bernomor 5 tersebut. “(Meskipun begitu), Saya tidak tahu. Ini bukanlah keputusan Saya. Jika Saya ditanya, Saya akan memberikan opini Saya dan tidak akan menahan diri. Namun pada akhirnya, tim lah yang akan membuat keputusan tersebut,” tuntas Vettel.

Tidak mengejutkan memang jika Vettel menyarankan Mick Schumacher untuk Aston Martin. Jika Mick Schumacher bukan lagi bagian dari akademi Ferrari, Aston Martin kemungkinan akan memakai jasa Schumacher kedepannya. Meskipun begitu, tak ada jaminan bahwa Aston Martin juga akan menerima saran Vettel untuk menjadi keputusan akhir. 

Sementara itu, tim Williams mengunci Alexander Albon untuk musim depan meski pebalap keduanya yakni Nicholas Latifi belum diumumkan nasibnya. Pebalap Thailand ini meraih 3 poin sampai saat ini atau berada di posisi 19 sedangkan Latifi hanya mampu berada di posisi ke-20 tanpa poin. Tentu saja, Latifi akan terancam dan digantikan oleh pebalap lain karena prestasinya yang jeblok. 

Jelang jeda musim panas, Max Verstappen dengan kemenangan kemarin membuatnya semakin menjauh dengan gap 80 poin (258 poin) dari Charles Leclerc yang cuma finis di posisi keenam (178 poin). Sementara, Klasemen konstruktor, Red Bull makin menjauh (431 poin) dan Mercedes memangkas jaraknya dari Ferrari yang saat ini jadi 30 poin saja (Ferrari 334 poin, Mercedes 304 poin).

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0