Jet Darat Austria: Leclerc Menangi Balapan Menegangkan Di Red Bull Ring

FIA


Otojatim- Menegangkan dan membingungkan adalah dua kata yang hadir dalam perhelatan Formula 1 Austria pada 10 Juni lalu. Gugurnya seseorang yang berperan vital dalam tim dan sebuah hal membingungkan menjadi bahan rangkuman dalam Jet Darat kali ini. Seperti apa bahasannya, mari kita rangkum di Jet Darat.

Sebanyak 43 kasus "track limit" atau batas putih di trek menjadi kasus yang menjadi topik utama di GP Austria kali ini di Red Bull Ring. Semua berawal dari sesi kualifikasi dimana pebalap Red Bull, Sergio Perez harus rela semua lapnya di sesi Q3 dihapus dan akan start Sprint dari posisi 13. Setelahnya, dalam sesi balapan banyak pebalap terkena kasus track limit dan beberapa diantaranya terkena hukuman 5 detik. 

Dalam balapan kali ini, Perez harus gugur karena disenggol George Russel dari Mercedes. Mobil Red Bull yang dikemudikannya mengalami kerusakan dan Russel terkena hukuman 5 detik karena perilakunya itu. Sementara itu, Max Verstappen harus bertempur sendirian karena dialah pebalap Red Bull yang tersisa. Di Hadapan pendukungnya yang berseragam oranye, pembesut Red Bull bernomor start 1 itu bertempur melawan Charles Leclerc dari Ferrari. 

Leclerc sendiri juga bertempur sendirian diakibatkan Carlos Sainz yang notabene rekan setimnya di Ferrari harus gugur karena mesinnya meledak. Sialnya, masalah belum usai karena mobil Leclerc malah tidak mampu mengeluarkan tenaga penuh akibat masalah di pedal gasnya. Menegangkan karena hampir disalip Verstappen di paruh akhir lomba, Leclerc malah memenangkan lomba dengan setengah tenaga dalam lap ke 71. Dengan hasil ini, Leclerc berhasil meraih kemenangan pertamanya sejak GP Australia lalu sekaligus pertama kalinya sejak 2003, Ferrari meraih kemenangan di sirkuit yang sama berkat Michael Schumacher.

 Pada posisi ketiga dihuni Lewis Hamilton dan Russel yang terkena hukuman 5 detik di awal lomba malah bangkit di pertengahan dan meraih posisi keempat. Highlight balapan tertuju ke Mick Schumacher dan Kevin Magnussen yang kembali meraih poin karena finish di posisi keenam dan kedelapan.  Di klasemen pebalap, Charles Leclerc masih tertinggal 38 poin dari Max Verstappen di puncak klasemen.(Leclerc 170 poin dan Verstappen 208 poin) Pebalap Alpine, Esteban Ocon naik satu strip ke posisi 8 dengan 52 poin dan Mick Schumacher loncat ke posisi 15 dengan tambahan 6 poin (12 poin).

Sementara dalam klasemen konstruktor, Red Bull masih unggul dari Ferrari dengan 359 poin meski gapnya dipangkasi jadi 56 poin (Ferrari 303 poin). McLaren dan Alpine koleksi jumlah poin yang sama (81 poin) di urutan 4 dan 5 klasemen. Haas berhasil naik satu strip (posisi ketujuh dengan 34 poin) untuk ungguli AlphaTauri dengan 27 poin atau berada di posisi kedelapan.

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0