Formula E: Mengkampanyekan Ramah Lingkungan Dengan Balapan Mobil

 

FIA

Otojatim- Balapan jet darat atau balap formula merupakan balapan prestisius yang menggaet banyak pebalap maupun pabrikan kenamaan untuk meraih perhatian di dunia balap maupun khalayak umum. Balap Formula E merupakan balapan ramah lingkungan yang menghadirkan banyak pebalap dan pabrikan jebolan Formula Satu dimana semuanya bertempur dengan menggunakan kendaraan listrik. Sebastian Buemi, Jean Eric Vergne dan Stoffel Vandoorne merupakan beberapa nama terkenal dari Formula Satu yang ikut berlaga di Formula E.

Kendaraan ramah lingkungan ini adalah mobil Spark yang menghasilkan daya 250 kW atau setara 335 daya kuda. Kecepatan maksimalnya adalah 280 km/h dan mobil balap ini dilengkapi sistem pengereman Brembo sekaligus piranti Halo sebagai alat keselamatan utama dalam mobil balap. Nantinya, mobil Spark ini akan diganti dengan mobil baru dengan daya 402 daya kuda pada musim 2022-23. Mobil baru ini diklaim lebih kencang dan lebih hemat listrik karena menggunakan teknologi  "flash-charging" atau pengisian ulang ketika balapan berlangsung.

Balapan formula E ini sering bergulir di jalan raya demi mengampanyekan ramah lingkungan dan pentingnya energi listrik demi menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil. Balapan sendiri berlangsung di sirkuit sepanjang 2-3 km dan berlangsung selama 40 menit dengan satu lap tanpa waktu di bagian akhir. Guna meningkatkan adrenalin pemirsa ketika menonton balap ada fanboost, tambahan tenaga melalui dukungan media sosial yang bisa setara dengan nitrous oxide dan digunakan di paruh kedua balapan. Ada juga mode Attack dimana pebalap harus melewati zona tertentu untuk mengaktifkan mode ini dan tenaga 33 daya kuda bisa ditembakan melalui sebuah tombol di kemudi mobil.

Formula E sendiri menyuguhkan hiburan sebagai bahan utama balapan dimana ada balap mobil E sport dengan tajuk Formula E: Accelerate yang mengadu gamer-gamer terbaik sedunia untuk berlaga di balapan Formula E bersama pebalap asli. Ada juga beberapa sektor-sektor di sirkuit balap yang dibuat tematik guna menarik minat penonton ke balap Formula E. Biasanya tiket yang dijual, tidak semahal Formula Satu karena diadakan selama satu hari saja dan tiket  di beberapa zona tematik tidak semahal tiket Paddock Club Formula Satu yang dibanderol ratusan juta Rupiah. Hal ini dilakukan demi menjaring minat penonton kepada balap mobil listrik yang semakin seru untuk diikuti karena peta
persaingannya tidak tertebak.

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0