F1 Miami: Verstappen Raih Hattrick Di Miami

FIA

Otojatim- Balapan F1 untuk pertama kalinya tiga kali diadakan di Amerika Utara pada 2022. Pertama kali balapan berlangsung di Miami, Amerika Serikat pada 8 Mei, lalu bergulir di Kanada pada 19 Juni dan berakhir di Austin, Texas pada 23 Oktober. Nantinya, balapan di Amerika Utara akan bertambah dengan hadirnya balapan malam di Las Vegas, Amerika Serikat pada 2023 mendatang.

Balapan di Miami berlatar di dekat Hard Rock Stadium, kandang tim Rugby Miami Dolphins yang terkenal. Seri Miami ini sama seperti seri San Marino sebelumnya yang tidak  mencantumkan nama negara melainkan nama daerah karena nama GP Amerika sudah disandang sirkuit COTA di Austin, Texas sejak 10 tahun lalu. Sirkuit Miami Autodrome sepanjang 5,4 km bukanlah sirkuit termudah yang bisa ditaklukkan pembalap selama 57 putaran. Hal ini disebabkan adanya kombinasi tikungan cepat dan lambat yang ada di Miami Autodrome.

Kemenangan ketiga atau hattrick terjadi di F1 2022 dikala Max Verstappen menjuarai GP Miami. Pembalap Red Bull ini mengalahkan duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz untuk mengejar
poin klasemen pebalap. Sayangnya, rekan setim Verstappen yakni Sergio Perez gagal bersinar akibat harus bercokol di posisi keempat.

Dibelakang Perez hadir duo Mercedes yakni George Russel dan Lewis Hamilton yang berhasil mencuri poin karena mantan pebalap Mercedes, Valtteri Bottas melebar di tikungan dengan Alfa Romeonya. Russel sendiri sampai saat ini sering mendulang poin karena pebalap Inggris itu meraih 2 kali posisi keempat, 2 kali posisi kelima dan satu kali podium. Hal ini membuktikan mantan pembalap Williams itu adalah aset masa depan Mercedes sepeninggal Hamilton jika ia pensiun.

Nasib sial menimpa Lando Norris, pebalap Mclaren ini disenggol pebalap Alpha Tauri, Pierre Gasly dan membuatnya gugur di perlombaan ini. Sebelumnya, Norris meraih podium di GP San Marino dan malah gagal mendapat poin di Miami. Sementara hal serupa menimpa Sebastian Vettel dimana pebalap Aston Martin ini disenggol oleh Haas-nya Mick Schumacher sampai-sampai Vettel gugur seperti Norris.

Pada klasemen pebalap, Max Verstappen menipiskan jaraknya dengan Charles Leclerc di puncak klasemen menjadi 19 poin saja. Jadi Max mengumpulkan 85 poin dan Leclerc mengumpulkan 104 poin. Adapun di klasemen konstruktor, Ferrari dan Red Bull sekarang hanya terpaut 6 poin saja.\
Ferrari memimpin di puncak dengan 157 poin dan Redbull dibelakangnya dengan 151 poin. (BP)

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0