iklan jual beli mobil

Merasakan DNA Balap Yamaha R15M 2022 di Perjalanan Luar Kota

Otojatim.com berkesempatan menjajal motor sport terbaru Yamaha R15 langsung ke luar kota di acara bLU cRU Fun Riding Goes to Mandalika yang diadakan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), Sabtu (5/3).

Diikuti peserta dari awak media dan komunitas motor R15 Surabaya, perjalanan menempuh 130 km dimulai dari Yamaha Land Surabaya menuju Monumen Tugu Pahlawan dengan tujuan akhir di D’Gunungan Garden, Pasuruan, Jawa Timur.

Harga Yamaha R15 V3 2021 Surabaya

Event touring ini untuk menyambut MotoGP yang akan dilaksanakan di Mandalika di Lombok, NTB, pada 18-20 Maret 2022, setelah terakhir kali diselenggarakan 25 tahun yang lalu di sirkuit Sentul, Bogor.

"Yamaha R15 terbaru ini lahir dengan mengusung konsep Racing DNA dalam bentuk “The True Supersport Machine 155” dan hadir dalam momen kejayaan Yamaha di balapan dunia. Puncak euforia tahun lalu Yamaha menyabet gelar juara dunia di semua event balap mulai MotoGP, Superbike hingga MXGP," ujarRifany Widjaja, Deputy Director Sales and Marketing Yamaha STSJ.

Spesifikasi dan fitur unggulan
Yamaha R15 punya kapasitas mesin 155cc SOHC, 4 Katup dan berpendingin cairan ini memiliki daya maksimum 19 horsepower dan torsi 14,7 yang terbesar di kelasnya, sehingga mampu memberikan sensasi berkendara yang memuaskan.
review yamaha r15m
Selain itu juga ada VVA yang membuat torsi merata di setiap perputaran mesin.

Suspensi Upside Down membuat handling motor ini lebih maksimal.

Dan yang paling penting untuk beradu akselerasi, adalah fitur Quick Shifter yang berfungsi agar pengendara memasukkan gigi tanpa perlu menarik kopling, sehingga tenaga motor tidak mengalami penurunan karena jeda perpindahan transmisi seperti motor pada umumnya.

Harga Yamaha R15 V4 2022 OTR Jakarta

Buat turun gigi, koplingnya enteng sekali berkat Assist & Slipper Clutch yang juga mencegah terjadinya selip ketika pengendara melakukan perpindahan gigi secara cepat.

Fitur canggih lainnya ada Anti-lock Braking System depan belakang atau yang kita sebut ABS Dual Chanel untuk membantu pengendara melakukan control pengereman agar semakin optimal.

Juga ada Traction Control yang mencegah ban belakang selip ketika motor berakselerasi di permukaan licin atau berpasir.

Impresi berkendara
Otojatim mendapat pilihan varian R15M sebagai varian tertinggi. Dan warna yang cukup menarik yaitu edisi khusus 60 Tahun MotoGP dengan kelir putih stripping merah.
harga yamaha r15 v4 surabayaPress conference acara bLU cRU Fun Riding Yamaha R15 Goes to Mandalika, di d'Gunungan garden bersama manajemen Yamaha STSJ dan YIMM

Yamaha R15 yang menggunakan sasis delta-box, lengan ayun banana dan supensi up-side down benar-benar mencerminkan sensasi motor balap sejati. Sangat moge-look yang kokoh dan kekar.

Enak dipandang. Bagaimana impresinya ketika dikendarai?

Sesuai dengan ekspektasi kami, DNA motor sport benar-benar melekat pada Yamaha R15M. Letak setang kemudi yang under-yoke membuat posisi berkendara seperti pembalap sungguhan. Kabar baiknya, R15 versi keempat ini sasis duduknya sudah tidak terlalu nungging seperti versi ketiga. Dan buat pembonceng pun posisinya jadi tidak terlalu tinggi.

Spesifikasi Yamaha R15 V3

Lekukan tangki bbm sangat enak dipeluk oleh kedua paha pengendara, dan pandangan bebas ke depan dengan posisi tangan yang sangat enak.

Sesuai tampilannya yang racy, ketika dikendarai pun motor ini cocoknya memang untuk balapan di sirkuit. Posisi riding yang merunduk benar-benar pas ketika berpacu memuntahkan torsinya yang merata hingga limit rpm.

Sesuai kaidah jenisnya yang bergenre sport, alias olah raga. Mengendarai motor ini untuk jarak jauh memang harus mempersiapkan fisik yang prima. Karena menurut kami, R15 idealnya memang untuk dipacu beberapa lap di sirkuit.
review yamaha r15v4Peserta fun riding bLU cRU Yamaha R15 goes to Mandalika

Setelan suspensi memang agak kaku, ini wajar di sepeda motor sport karena untuk menjaga kestabilan saat bermanuver dengan kecepatan tinggi. Yang penting, peredaman ketika ban mengenai jalan berlubang tidak sampai terjadi bottoming alias mentok.

Hebatnya, meski sepanjang perjalanan Surabaya-Pasuruan motor ini terus-terusan digeber untuk merasakan performa puncaknya, konsumsi BBM Yamaha R15M masih terbilang irit di angka 40 km per liter.

Daftar harga Yamaha R15 2022 di Surabaya
Yamaha All New R15 M Connected-ABS terdapat pilihan warna icon performance dan Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary Livery. Sedangkan All New R15 Connected mempunyai warna Icon Blue dan Tech Black.

  • All New R15 M Connected-ABS Rp45.860.000
  • All New R15 M Connected-ABS edisi WGP 60th Rp46.460.000
  • All New R15 Connected Rp41.260.000


Kesimpulan
Bagi kalian yang mengidamkan sepeda motor sport dengan DNA balap sejati, Yamaha R15M memberikan segalanya. Bentuk yang keren, power yang mumpuni di kelasnya dan konsumsi bahan-bakar yang irit untuk pemakaian harian.

Untuk perjalanan jauh, diperlukan persiapan fisik yang prima untuk mengimbangi performanya yang minta terus diajak jalan kencang. Karena bagi yang terbiasa naik matic akan butuh waktu untuk penyesuaian, bila mau.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi