-->

F1 Azerbaijan: Perez Menangi GP Baku, Dua Raksasa Bertumbangan

 

Honda Racing

Otojatim– Honda berhasil memenangkan seri balap Grand Prix Azerbaijan yang berlangsung dramatis di sirkuit jalan raya Baku lewat pembalap dari tim Red Bull Racing Honda, Sergio Perez. Pembalap asal Meksiko tersebut berhasil meraih kemenangan pertamanya di tahun 2021. Prestasi tersebut sekaligus membuat tim Red Bull Racing Honda mempertahankan posisinya sebagai pemegang klasemen sementara konstruktor F1 2021.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan ketiga tim Red Bull Racing Honda di musim balap F1 2021 setelah seri Grand Prix Emilia Romagna dan Grand Prix Monaco. Selain itu kemenangan tersebut juga merupakan kemenangan pertama bagi Honda di Grand Prix Azerbaijan. Prestasi terbaik Honda sebelumnya di Grand Prix Azerbaijan adalah finis keempat pada tahun 2019 lalu.

Strategi pit stop serta pemilihan komponen ban juga menentukan hasil lomba. Tim Red Bull Racing Honda kembali menerapkan strategi pit stop yang sangat baik untuk kedua pembalapnya.

Hasil baik juga diraih oleh tim Scuderia AlphaTauri dimana Pierre Gasly meraih podium pertamanya di musim balap 2021 ini sementara rekan setimnya, Yuki Tsunoda finis ketujuh yang merupakan hasil finis terbaiknya sejauh ini di musim balap F1 2021 bagi pembalap debutan asal Jepang tersebut.

Hasil balap tim Scuderia AlphaTauri di Grand Prix Azerbaijan membuat posisi tim naik ke urutan kelima klasemen konstruktor F1 2021. Tim Scuderia AlphaTauri juga selalu meraih poin di setiap seri balap F1 2021 yang sudah berjalan sebanyak enam seri. Sergio Perez, pembalap Red Bull Racing Honda mengatakan, “Rasanya luar biasa mendapatkan kemenangan pertama saya bersama Red Bull. Kami harus menikmati hari ini, meskipun balapan kali ini seperti roller coaster namun kecepatan kami hebat dan kami memiliki mobil balap yang sangat bagus.”

Dalam balapan ini rekan satu tim Perez, Max Verstappen tumbang akibat kecelakaan. Kecelakaan yang menimpa juara GP Monako 2021 akibat bagian ban sebelah kiri belakang pada bagian dalam kurang bagus. Selain Verstappen, ada pula Lance Stroll dari Aston Martin gugur akibat hal serupa. 

Balapan kali ini adalah raihan podium perdana Sebastian Vettel, rekan setim Stroll yang berhasil meraih posisi kedua. Mantan pebalap Toro Rosso, Ferrari dan Red Bull ini meraih hasil terbaiknya setelah mampu menempati finish kelima di Monako.  Strategi Aston Martin berjalan dengan sangat baik bagi Vettel. Start dari posisi 11 dan gunakan ban soft segar, stint pertamanya berlangsung lebih lama dari pembalap lain dan sempat pimpin lomba. Kecepatan yang ia tunjukkan juga bagus, membuat strategi overcut berhasil ia terapkan.

Juara dunia 2010-2013 ini berhasil lewati Charles Leclerc (Ferrari) dan Pierre Gasly setelah periode Safety Car yang keluar karena insiden Lance Stroll. Dan saat bendera merah dikibarkan karena insiden Max Verstappen, ia sudah ada di posisi ketiga. Saat restart dia naik ke posisi runner-up berkat Lewis Hamilton (Mercedes) yang buat kesalahan. Hamilton yang memburu poin setelah Verstappen tak sengaja menekan
tombol "ajaib" di setir mobilnya. Lagi-lagi, pembalap tim raksasa tumbang.

Tombol itu jika ditekan berfungsi untuk memindahkan semua keseimbangan rem ke ban depan. Itu akan berguna untuk menaikkan temperatur ban ketika formasi lap. Tombol tersebut biasanya dimatikan sesaat sebelum start lomba. Namun, kemarin Hamilton tak sengaja menekan kembali tombol tersebut saat restart. Membuat ban depannya langsung terkunci ketika mengerem di tikungan pertama.

Akibat kebodohan ini, Hamilton kehilangan poin pembalap akibat mengakhiri lomba di posisi ke-15. Posisi Hamilton hanya berakhir di angka 101 poin atau berada 4 poin di klasemen pebalap yang dipimpin Max Verstappen dengan 105 poin. Kemenangan Perez membuat pebalap Meksiko ini berada di posisi ketiga dengan 69 poin alias menggusur Lando Norris yang hanya bercokol di posisi keempat dengan 66 poin. Norris, gagal mengamankan posisi keempat klasemen pebalap karena finish kelima alias kalah dari Leclerc, penghuni posisi keempat.

Akibat kemenangan Perez, tim Red Bull berhasil memperpanjang jarak dengan Mercedes di klasemen konstrukor. Red Bull meraih 174 poin disusul Mercedes dengan 148 poin. Seri balap F1 2021 selanjutnya akan digelar pada tanggal 20 Juni 2021 yaitu Grand Prix Prancis, bertempat di sirkuit Paul Ricard, Le Castelet, Perancis.

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha nmax