-->

Meski Menjuarai Balapan Abu Dhabi, Team Jota Gagal Menjuarai Asian Le Mans Series 2021

Asian Le Mans


Otojatim- Dua balapan terakhir Asian Le Mans yang digelar di Yas Marina, UAE menjadi santapan lezat untuk tim Jota. Bagaimana tidak, tim yang menggunakan mobil Oreca 07 ini menjadi jawara
kelas LMP2 tanpa ada lawan berarti. Meski di seri yang digelar 18-19 Februari lalu tidak diikuti Stoffel Vandoorne karena harus mempersiapkan diri untuk balapan Formula E bersama Mercedes seminggu setelahnya (26-27 Februari), Sean Gelael akan ditemani Tom Blomqvist. Tom dan Sean adalah kawan lama yang dahulu pernah bersama di 2014 di Carlin untuk balapan Formula 3 Eropa sekaligus meraih posisi kedua dengan 420 poin. Pembalap yang pernah mengikuti Formula E, Weathertech Sportcar dan Gt World Challenge ini menggantikan posisi Vandoorne di dua balapan terakhir.

Tom yang sering berlaga di balapan GT ini kembali berlaga di LMP2 bersama Jota stelah pada 2016 membalap bersama tim Extreme Speed di kejuaraan dunia balap ketahanan (FIA WEC). Karena sudah lama tidak balapan LMP2, maka adaptasi Tom dirasa kurang sejak sesi latihan. Akibatnya, Tom menabrak pagar pembatas sekaligus membuat mobil balap Oreca 7 mengalami kerusakan lumayan berat. Akibatnya, Sean dan Tom harus start di posisi keenam overall di balapan pertama. Meski start keenam, dalam balapan yang bergulir selama 4 jam ini mereka berdua mampu melibas tim G Drive Racing bernomor 26 yang dikemudikan Rene Binder, Ferdinand Von Habsburg dan Ye Yifei
unuk meraih kemenangan overall sekaligus menguasai kategori LMP2. Di balapan kedua, tim Jota melibas mobil G Drive lainnya untuk meraih kemenangan. Kali ini mobil Aurus 01 bernomor 25 yang beranggotakan Rui Andrade, Franco Colapinto dan John Falb dihabisi oleh Sean dan Tom untuk meraih kemenangan di balapan keempat atau terakhir di 2021.

Sayangnya, meski meraih dua kemenangan beruntun malah mobil bernomor 26 dari tim G Drive menjadi juara 2021 dengan raihan 81 poin disusul Jota dengan 78 poin dan mobil bernomor 25 dari tim G Drive yang mengumpulkan 66 poin. Tim Era Motorsport yang beranggotakkan Andreas Laskaratos, DWight Merriman dan Kyle Tilley meraih posisi pertama sekaligus juara kelas LMP2 AM.
Trio pembalap tim Era Motorsport ini tampil tanpa lawan setelah tim Eurointernational tidak start di dua balapan terakhir. Tim Era mengumpulkan 104 poin atau menjuarai dua balapan terakhir kelas LMP2 AM. Di kelas LMP3, dimenangi duet tim Nielsen Racing. Pada balapan pertama, Colin Noble dan Anthony Wells berhasil menguasai perlombaan bersama mobil bernomor 8 yang dikemudikan Matthew Bell dan Rodrigo Sales. 

Dalam arti ini, tim Nielsen merajai balapan sekaligus meraih podium 1-2 di kelas LMP3. Sayangnya, keberhasilan tim Nielsen Racing harus gagal diraih di balapan kedua karena tim United Autosport merajai balapan keempat. Adalah mobil bernomor 23 yang dikemudikan Wayne Boyd, Manuel Maldonado dan Rory Pettinen bersama mobil bernomor 3 dengan beranggotakan Robert Wheldon, Ian Loggie dan Andy Meyrick. Pada akhirnya, mobil bernomor 23 dan 3 dari United Autosports menguasai kelas LMP3 dan menjadi jawara di 2021. Mobil bernomor 23 meraih 77 poin sedangkan mobil bernomor 2 meraih 58 poin. Adapun tim Nielsen meraih 51 poin dengan kontribusi mobil bernomor 9.

Di kelas GT, balapan pertama dikuasai tim GPX ang beranggotakan Julien Andlauer, Alain Ferté dan Axcil Jefferies. Mereka mengalahkan tim Procote Herberth yang beranggotakan Ralf Bohn, Alfred dan Robert Renauer sekaligus menjadikan Porsche menguasai podium 1-2.
Sedangkan di balapan kedua dimenangi tim Ferrari Kessel Racing yang beranggotakan Mikkel Jensen, Takeshi Kimura dan Come Ledogar. Mereka mengalahkan Mclaren Inception Racing yang beranggotakan Ben Barnicoat, Brendan Iribe dan Ollie Millroy. Pada akhirnya, tim Procote Herberth menjadi jawara 2021 dengan 64 poin disusul tim GPX dengan 62,4 poin dan Rinaldi Racing dengan 49 poin. (BER)



LihatTutupKomentar
close