-->

Dakar 2021: Persaingan Kelas Motor Makin Sengit, Husqvarna Kuasai Klasemen Sementara

 

HT Rally Raid Husqvarna Racing

Otojatim- Dakar 2021 yang bergulir di Arab Saudi membuat persaingan sengit di kelas motor. Dinamika pertarungan antar pabrikan mulai dari KTM, Honda, Yamaha, sampai Husqvarna membuat tontonan musim balap tahun ini lebih menarik dibandingkan tahun lalu.

Pada etape kedua balapan Dakar yang dihelat 4 Januari dari Jeddah ke Bisha, para joki Honda seperti joan Barreda dan Ricky Brabec mampu mengasapi Pablo Quintanilla dari Husqvarna. Dalam etape sejauh 685 km dengan rute balapan 457 km ini adalah etape balas dendamnya tim Honda dimana Barreda dan Brabec gagal memberikan hasil terbaik di etape pertama karena tersesat sehingga keduanya kehilangan waktu banyak. Duo Honda Monster Energy ini diuntungkan pula dengan tumbangnya pasukan KTM Red Bull yang kesulitan melaju di medan gurun pasir selama etape kedua dini bergulir. Pada klasemen sementara motor Barreda dan Brabec menguasai posisi 1-2. Dominasi sponsor Monster Energy sangat terasa ketika joki Yamaha, Ross Branch berada di posisi ketiga klasemen sementara dibelakang Barreda dan Brabec.

Persaingan di etape ketiga Dakar 2021 yang bergulir di Wadi Ad Dawasir, Arab Saudi sejauh 630 km dengan jalur balap 403 km mampu menghadirkan nama baru di klasemen motor. Adalah Skyler Howes yang berasal dari Amerika yang mampu meruntuhkan para raksasa seperti sesama pemakai KTM Toby Price maupun Kevin Benavides yang menggunakan Honda. Price sendiri merajai etape ketiga dengan 03:33:23 disusul Benavides dan Matthias Walkner yang merupakan rekan satu tim Price di KTM. Hasil
ini sama seperti di etape pertama dari Jeddah ke Bisha dimana Price, Benavides dan Walkner menguasai posisi 3 teratas. Sementara, Howes yang tidak bersaing dengan siapapun berhasil finish keempat sekaligus membuat joki Bas Dakar KTM ini meraih posisi pertama klasemen disusul Benavides dan Xavier de Soultrait. Soultrait yang menggunakan Husqvarna finish keenam alias kalah dari Sam Sutherland dari KTM.

Pada etape keempat yang berguir pada 6 Januari antara Wadi Ad Dawasir menuju ke Riyadh dengan jarak 813 km serta jalur balap sejauh 337 km. Pada kelas motor, Joan Barreda menjuarai etape keempat dengan catatan waktu 02:46:50. Joki Honda ini mengalahkan Daniel Sanders dari KTM dan Luciano Benavides dari Husqvarna, Barreda sendiri meraih dua kemenangan dalam Dakar 2021 setelah memenangi etape kedua dan keempat ini hanya saja Barreda berada di posisi kedua klasemen motor diatas Kevin Benavides yang merupakan rekan setimnya. Posisi pertama sendiri ditempati Xavier De Soultrait dari Husqvarna. Setelah sebelumnya berada di posisi ketiga pada etape ketiga (Wadi Ad Dawasir), Soultrait mampu mengasapi Barreda dan Benavides untuk memimpin posisi pertama. (BER) 

LihatTutupKomentar