-->

WRC Monza: Ogier Raih Gelar Juara Dunia Ketujuh Reli Dunia

FIA



 Otojatim- Berakhir sudah kejuaraan reli dunia 2020 (WRC) yang dihelat di Monza, Italia pada 4-6 Desember. Setelah sekian lamanya balapan bergulir lancar dengan reli Monako, Swedia dan Meksiko di awal tahun malah dihujani pandemi virus Corona yang menimpa dunia pada pertengahan sampai akhir tahun. Hal ini merubah kalender seri balap yang tadinya bergulir 13 seri menjadi 7 seri saja.

Reli Monza sendiri merupakan seri terakhir atau jilid kedua reli Italia setelah bergulirnya reli Sardinia di bulan Oktober. Seri ini jauh lebih pendek dari reli Sardinia karena para pereli akan diberikan Special Stage (SS) yang kebanyakan bergulir di sirkuit balap Monza. Hal ini tidak janggal karena sejak 1978, sirkuit yang sering menggelar balap F1 ini juga mengadakan Monza Rally Show di akhir tahun. 

Dalam 16 SS yang memiliki total jarak 239 km, Sebastian Ogier mampu meraih gelar ketujuh selama berkarier di kejuaraan reli dunia dengan memenangi balapan. Ia diuntungkan oleh sesama pereli Toyota yakni Elvyn Evans dan pereli Hyundai Thierry Neuville yang mengalami kecelakaan.

Dengan ini, Ogier sudah tidak punya saingan untuk dilawan sampai pada akhirnya pereli asal Perancis ini meraih kemenangan ke-49 dalam kariernya di reli dunia. Posisi kedua diraih Ott Tanak dan posisi ketiga diraih Daniel Sordo dimana keduanya mampu membungkam skuad Toyota dengan meraih gelar juara konstruktor. Kegagalan pereli Toyota, Elfyn Evans karena kecelakaan mampu dimaksimalkan keduanya untuk meraih dua posisi podium terakhir. Pada klasemen pereli, Ogier meraih 122 poin atau menjadi jawara 2020 disusul Evans dengan 114 poin dan Tanak dengan 105 poin. Hanya saja, Toyota gagal meraih juara dunia konstruktor karena Hyundai meraih 241 poin sedangkan Toyota meraih 236 poin dan Ford meraih 129 poin. (BER)

LihatTutupKomentar