-->
close

F1 Imola: Kemenangan Bagi Mercedes Raih Juara Dunia Konstruktor Ke-7 Kalinya

 

FIA


Otojatim– Daniil Kvyat berhasil menjadi satu-satunya pembalap Honda yang mendapatkan poin pada balapan Grand Prix Emilia Romagna pekan lalu di sirkuit Imola, Italia. Pembalap asal Rusia tersebut berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-4 sekaligus menambah raihan poin untuk dirinya dan juga tim AlphaTauri pada balapan kandang mereka. Secara keseluruhan, seri Italia lalu merupakan hasil yang mengecewakan bagi tim Honda, setelah sebelumnya secara konsisten mampu meraih podium. Meskipun demikian, Toyoharu Tanabe selaku Technical Director Honda F1 menilai bahwa pencapaian Daniil Kvyat merupakan aspek positif di seri ini yang membuat tim tetap optimis menjelang seri berikutnya.

“Kedua tim kami kompetitif sepanjang akhir pekan, Max berada di urutan kedua sebelum berhenti karena masalah ban dan Pierre di posisi keempat pada kualifikasi kemarin. Meskipun lawan adalah tim yang sangat kuat tetapi kami terus bekerja keras dengan tujuan untuk mengejar mereka. Sekarang kami fokus ke putaran berikutnya di di sirkuit Istanbul Park, yang merupakan trek yang bagus untuk mobil Formula 1,” papar Toyoharu Tanabe. Pada awal lomba, Max Verstappen melakukan start yang sangat baik untuk melaju ke posisi kedua di belakang Valtteri Bottas, sementara Pierre Gasly berupaya untuk melewati Lewis Hamilton untuk posisi ketiga tetapi harus mundur dan tertinggal di belakang Daniel Ricciardo di tikungan 2.

Pierre kemudian harus keluar lomba lebih awal akibat masalah pendingin pada mobilnya. Usai balapan, tim AlphaTauri masih menganalisa retakan pada bagian radiator mobil Pierre. Alex Albon harus turun ke urutan ketujuh pada awal lomba namun ia kembali naik ke urutan keenam setelah Pierre berhenti. Alex dan Daniil melakukan pit stop secara bersamaan di lap 14. Sementara Max masuk pit di lap 18 untuk mengganti bannya dalam upaya untuk menekan Valtteri Bottas yang berjuang dengan bagian mobilnya yang rusak. Meskipun sirkuit Imola merupakan salah satu trek yang cukup sulit untuk mendahului, upaya Max untuk terus menekan Bottas akhirnya membuahkan hasil di lap 43. Max berhasil naik ke posisi dua.

Max terus mengejar ketertinggalannya dan berupaya untuk menyamai kecepatan Hamilton dan terpaut lebih dari sepuluh detik, tetapi tiba-tiba ia mengalami pecah ban belakang kanan yang membuatnya harus keluar dari perlombaan. Pada waktu yang sama, tim Alpha Tauri menghentikan Daniil untuk mengganti ban lunak. Balapan dimulai kembali dengan enam lap tersisa dan Daniil menunjukkan performa sensasional saat memulai kembali dengan ban lunak. Ia berhasil melewati Sergio Perez dan juga Alex Albon. Alex kemudian melakukan kesalahan dengan ban dingin dan melintir. Alex masih bisa melanjutkan balapan dan finis di urutan ke-1. Sementara itu, Daniil kemudian kembali melakukan manuver mendahului di luar terhadap Charles Leclerc untuk posisi keempat di tikungan 9.

Pemenang di seri Imola ini adalah Lewis Hamilton yang kembali back-to-back win sejak seri Jerman pada 11 Oktober. Pebalap asal Inggris ini,  meraih kemenangan ke-93 dan tidak hanya itu, Valterri Bottas menemaninya di posisi kedua untuk meraih kemenangan konstruktor musim 2020 di tim Mercedes. Adapun Daniel Ricciardo dari Renault berhasil meraih podium ketiga kembali setelah meraih hasil serupa dengan finish ketiga di  GP Jerman yang berlangsung di Nurburgring. Cukup juara kedua di seri selanjutnya, Hamilton akan menjadi juara dunia 2020 dan dirinya sendiri meraih 282 poin disusul Bottas dengan 197 poin di klasemen pebalap. Sementara itu, Verstappen berada di angka 162 poin atau di posisi ketiga. 

Hingga saat ini, Tim Aston Martin Red Bull Racing masih berada di posisi ke-2 pada klasemen konstruktor dengan perolehan 226 poin. Tim Scuderia pun masih berada di posisi ke-7 dengan perolehan 89 poin. Sedangkan Mercedes meraih gelar juara dunia konstruktor selama 7 kali sejak 2014 dengan raihan 479 poin. (BER)

LihatTutupKomentar