-->
close
mobil bekas dijual

F1 Jerman: Hamilton Raih Kemenangan Ke-91 Di Nurburgring

FIA



Otojatim–
Pada Grand Prix Jerman 2020 yang diadakan pada akhir pekan lalu (11/10), Max Verstappen kembali berhasil naik podium dengan finis di posisi kedua sementara itu Pierre Gasly juga berhasil mencetak tambahan poin dengan finish di posisi ke-6. Kedua pembalap tim Aston Martin Red Bull Racing, Max dan Alex sama-sama memulai balapan dari sepuluh besar dengan ban lunak, sementara kedua pembalap AlphaTauri, Pierre dan Daniil masing-masing memulai balapan di posisi 12 dan 13 sehingga keduanya memulai dengan ban komponen sedang. Pada awal lomba, Max sempat beradu sengit setelah start dari posisi ke-3 untuk mengambil kesempatan. Max kemudian berhasil naik ke posisi ke-2 setelah Red Bull dengan cerdik memanfaatkan periode Virtual Safety Car (VSC) untuk mendahului Valtteri Bottas. Sedangkan Pierre Gasly melaju dengan ban medium lalu kemudian beralih ke satu set ban keras di titik tengah dan berhasil naik ke-8 besar ketika Lando Norris mundur untuk memicu Safety Car. 

Pada titik ini, para pembalap kembali masuk pit untuk mengganti ban. Max bertahan di posisi kedua sementara Pierre membuat kemajuan luar biasa, melewati Romain Grosjean dan kemudian berhasil melewati Charles Leclerc. Ia berhasil finish di posisi ke-6. Sayangnya untuk Daniil, ia harus puas di posisi ke-15. Max pun sempat meraih poin ekstra setelah berhasil mencetak lap tercepat, pada putaran akhir. Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 mengatakan,  “Grand Prix Jerman hari ini diadakan dalam suhu ruangan dan suhu yang sangat rendah. Mulai dari posisi ketiga, Max menghasilkan finis kedua yang sangat baik untuk Aston Martin Red Bull Racing, seperti yang dia lakukan dua minggu lalu di Sochi. Dia juga mengatur lap balapan tercepat tepat di akhir Grand Prix, yang merupakan pertanda baik untuk balapan mendatang. Untuk Scuderia AlphaTauri, Pierre melakukan balapan yang sangat baik dan finis di posisi ke-6 berkat beberapa gerakan passing yang menarik.”

 Balapan di Nurburgring ini dimenangkan Lewis Hamilton dari Mercedes dan posisi ketiga
dihuni Daniel Ricciardo dari Renault. Ricciardo sudah 1 1/2 tahun lamanya tidak meraih podium sejak GP Monako 2018 akhirnya bisa merasakan podium kembali di GP Jerman. Nico Hulkenberg yang merupakan pebalap kandang kembali menggantikan salah satu pebalap di Racing Point. Setelah sebelumnya ia menggantikan Sergio Perez di GP Inggris karena berstatus positif virus Corona maka gantian  Lance Stroll yang merasa sakit karena suhu minimal di Jerman. Start dari posisi buncit karena minim adaptasi di sesi kualifikasi berhasil dibayar di balapan selama 50 putaran dengan finish kedelapan.  Sementara, Hamilton berhasil meraih kemenangan ke-91 atau menyamai rekor kemenangan Michael Schumacher. Schumacher yang merupakan pebalap kebanggan Jerman ini sudah meraih 7 kali juara dunia (1994,1995,2000-2004) bersama Benetton dan Ferrari. 

 Toyoharu juga menjelaskan bahwa penampilan Pierre dan Max membuat tim bangga pada sisa musim ini. Dalam waktu dua minggu, tim akan menuju Portugal dan akan melakukan banyak simulasi sebagai persiapan dan mengerahkan kemampuan terbaiknya. Hingga saat ini, tim Aston Martin Red Bull Racing masih menempati posisi ke-2 pada klasemen konstruktor dengan total 211 poin. Sedangkan tim Mercedes masih di posisi pemuncak dengan 391 poin. Adapun angka 230 poin berhasil dikumpul Hamilton pada balapan kali ini diikuti Valterri Bottas dengan 161 poin dan Verstappen dengan 147 poin. Bottas gagal finish setelah kerusakan mesin pada mobil Mercedes miliknya di pertengahan lomba. (BER)
LihatTutupKomentar