-->
close
mobil bekas dijual

Elvyn Evans Kuasai Klasemen Reli Dunia Setelah Menjuarai Reli Turki

 

FIA
 

Otojatim- Balapan reli dunia (WRC) memasuki negara Turki pada 19-20 September di Marmaris. Seri kelima ini memotong jarak balapannya sehingga penonton dan pebalap bisa merasakan persaingan sengit yang menghibur di tengah jarak 223 km atau terbagi dalam 12 special stage.Turki juga tidak hanya menggelar WRC di tahun ini tapi juga F1 pada 13-15 November di Istanbul.

Medan berat dimana tanah bebatuan dengan lintasan berliku menjadi momok mengerikan selama penyelenggaran balap membuat banyak peserta berguguran. Sebastian Ogier (Toyota), Teemu Suninen (Ford) dan Pierre Loubet (Hyundai) menjadi korban keganasan reli Turki sehingga mereka bertiga tidak mengikuti balapan karena kerusakan pada mobil masing-masing.

Hal ini menguntungkan bagi pereli underdog seperti Elfyn Evans dimana dengan bermain cantik, pereli Toyota ini berhasil menjadi juara dengan total catatan waktu 2:43:02.7. Pereli Inggris ini berhasil mengalahkan para pereli Hyundai seperti Thierry Neuville dan Sebastian Loeb dengan konsistensi di 1 kemenangan pada special stage (SS)  9. Meskipun meraih 8 kemenangan di 8 SS, Neuville gagal menyalip Evans dan harus puas di posisi kedua. Kemenangan Evans ini adalah kemenangan ketiga selama berkarier di WRC ketika dirinya menjadi juara di seri Inggris pada 2017 saat turun bersama Ford dan kemenangan perdana saat bergabung dengan Toyota saat reli Swedia pada Februari lalu.

Menggusur Ogier di puncak klasemen, Evans meraih 97 poin dan meninggalkan pereli Perancis ini yang harus puas di posisi kedua dengan 79 poin. Meskipun finish ketujuh, pereli Hyundai asal
Estonia, Ott Tanak berada dalam keadaan berbahaya dimana dirinya dan Kalle Rovanpera (Toyota) meraih poin sama (70) sehingga mau tidak mau Tanak harus meraih poin banyak ketika reli dunia mengasapi Italia pada 8-11 Oktober di Sardinia. Adapun Neuville membuntuti Kalle dan Tanak dibelakangnya dengan 65 poin. Di klasemen konstruktor, Toyota memimpin dengan 174 poin disusul Hyundai dengan 165 poin dan Ford dengan 101 poin. (BER)

LihatTutupKomentar