-->
close
Harga Mobil Baru

F1 Austria 2020: Korban Berjatuhan, Bottas Diuntungkan

F1 Austria 2020
Valtteri Bottas (Foto:FIA)

Otojatim (Spielberg) - Balap mobil Formula 1 resmi bergulir di Austria tepatnya pada 5 Juli lalu di Red Bull Ring. Balapan kembali dilangsungkan setelah sekian lama dihentikan akibat pandemik corona di kawasan Eropa.


Akibatnya, badan permobilan dunia (FIA) mengeluarkan protokol balapan tanpa penonton dan mereduksi aktifitas selama balapan untuk mengurangi resiko tingkat bahaya virus korona.

Tidak hanya itu, kasus rasis yang menimpa Amerika Serikat akibat kematian George Floyd karena pembunuhan juga menjadi isu penting sebab pebalap Lewis Hamilton adalah satu-satunya pebalap kulit hitam di ajang F1.
hamilton crash
Hamilton bersenggolan dengan Alex Albon
Pada musim ini, Mercedes yang menjadi tempat bernaungnya Hamilton mengubah tampilan mobil W11 menjadi berwarna dasar hitam dari warna perak demi menghormati kejadian penting itu. Hal ini juga menjadi angin segar dari penggemar yang sudah bosan dengan tampilan mobil Mercedes dengan warna perak tanpa perubahan pernak pernik sama sekali.

Selain itu, Williams juga mengubah livery mereka karena masuknya sponsor Sofina yang menggantikan sponsor Rokit. Sofina adalah perusahaan makanan yang dibuat oleh Michael Latifi sekaligus ayah dari pebalap Nicholas Latifi dimana pebalap asal Kanada ini juga bernaung di Williams menemani George Russel.
alex albon crash
Alex Albon
Rokit sendiri malah pergi ke tim Mercedes sebagai sponsor pendukung bukan sponsor utama seperti di tim Williams.

Untuk balapannya sendiri, banyak pebalap berguguran. tercatat 9 pebalap gugur dalam perlombaan. Juara GP Austria 2018-19, Max Verstappen harus merelakan kemenangannya karena kerusakan mesin di mobil Red Bull miliknya dan rekan satu timnya Alexander Albon juga gugur karena masalah mekanis.
kevin magnussen brake failure
Kevin Magnussen kembali ke pit setelah brake failure
Kejadian serupa menimpa banyak pebalap seperti Daniel Ricciardo dari Renault, Lance Stroll dari Racing Point, dan George Russel dari Williams. Nasib sial menimpa Kimi Raikkonen dari Alfa Romeo karena ban kanan mobilnya copot di tikungan terakhir dan Daniel Kvyat dari Alpha Tauri mengalami pecah ban di tikungan kedua. Duet Haas, Romain Grosjean dan Kevin Magnussen gugur karena kerusakan mekanis.

Keuntungan malah diraih Valterri Bottas karena dirinya berhasil meraih kemenangan karena rekan setimnya, Hamilton meraih hukuman 5 detik akibat menyenggol Albon di putaran ke-61. Buah keberuntungan jatuh ke Charles Leclerc dari Ferrari dan Lando Norris dari Mclaren yang meraih podium 2 dan 3.
podium f1 austria 2020
Podium F1 Austria 2020 (Formula1.com)
Norris sendiri meraih podium perdana sepanjang karier balapnya di Mclaren sejak bergabung pada tahun lalu. Pencapaian tertinggi terjadi oleh Nicholas Latifi karena pebalap Williams ini bisa bertahan lama tanpa gangguan dan berakhir dengan finish ke-11.

Klasemen sementara di F1 Austria 2020 ini, Bottas meraih 25 poin disusul Leclerc dengan 18 poin dan Norris dengan 16 poin. Di klasemen konstruktor, Mercedes meraih 37 poin disusul Mclaren dengan 26 poin dan Ferrari dengan 19 poin.  (BER)

Foto-foto (Formula1.com)
vettel crash
Vettel melintir setelah gagal melewati Sainz
daniel kvyat crash
Daniel Kvyat pecah ban
Max Verstapen retire karena mechanical issue
kimi raikkonen crash
Nampak Kimi Raikkonen ban terlepas terlihat dari kokpit Sebastien Vettel
Vettel bersenggolan dengan Sainz yang menyebabkan mobilnya melintir, beruntung hingga finish masih mendapatkan 1 poin
LihatTutupKomentar