-->
close
Sepeda Jakarta-Surabaya

2020: Perayaan 120 Tahun Mercedes Benz

sejarah mercedes benz
Mercedes Benz

Otojatim - Produsen mobil asal Jerman, Mercedes-Benz, baru saja merayakan ulang tahun yang ke 120, pada tanggal 2 April 2020. Sejak awal, Mercedes-Benz menjadi salah satu produsen kendaraan yang melegenda.


Rasanya, tidak banyak perusahaan yang dapat merayakan kesuksesan satu abad di industri otomotif. Tetapi, Mercedes-Benz bisa melakukannya. Sejarah Mercedes-Benz sendiri dimulai dari seseorang yang bernama Emil Jellinek.  Berada di Nice, Jellinek mendaftarkan kendaraan Daimler untuk acara balap, Mercedes 35 PS menjadi salah satunya. Tetapi pada 2 April 1900, nama Mercedes pertama kali menghiasi mobil-mobil Daimler-Motoren-Gesellschaft.


Putri Emil pun, akhirnya menjalani balap pada awal Maret 1901 menggunakan Mercedes 35 PS. Decak kagum pun terlontar, dari para penonton dan tim balap lain. Karena, Mercedes 35 PS saat itu dikenal memiliki teknologi yang sangat canggih. Selain itu, Mercedes 35 PS memiliki desain yang dinilai elegan.

"Mercedes 35 hp dianggap sebagai prototipe mobil modern. Dengan arsitektur kendaraan progresifnya, 35 PS tersebut telah menjadi model acuan bagi seluruh industri mobil," ujar Paul Meyan, Sekretaris Jenderal Klub Otomotif Perancis.


Merek dagang resmi didaftarkan pada 23 Juni 1902, tetapi 24 tahun berlalu sebelum nama tersebut berubah menjadi Mercedes-Benz seperti sekarang, setelah merger Daimler dengan Benz. Ini adalah kisah yang telah diceritakan sebelumnya tetapi masih memesona setiap kali mendengarnya. Terutama karena sejarah Mercedes-Benz tetap menjadi pelopor dalam industri yang jauh lebih kompetitif.

Fakta yang tidak banyak diketahui adalah sampai saat ini Mercedes-Benz adalah satu-satunya merek mobil dengan nama wanita. "Wanita seperti Mercedes Jellinek atau Bertha Benz membentuk kisah sukses Mercedes-Benz sejak awal," kata Bettina Fetzer, kepala pemasaran Mercedes-Benz AG.

Hari ini, pemberdayaan perempuan hidup dalam etos merek. "Dengan inisiatif Dia, Mercedes kami, didirikan pada 2015. Kami membangun tradisi ini untuk banyak pelanggan wanita di seluruh dunia," ujar Fetzer.

Mengomentari umur panjang merek, Chief Design Officer untuk Daimler Group, Gorden Wagener mengatakan: "Pencarian kami untuk mewujudkan kemewahan yang sempurna dan mendorong inovasi adalah bagian dari DNA merek kami. Ini membentuk dasar dari kesuksesan berkelanjutan dari merek kami."

Wagener mengutip GLA dan EQC sebagai contoh model Mercedes modern yang memadukan teknologi terbaru dengan keinginan tinggi. Melihat Mercedes sekarang, kita yakin Emil Jellinek tidak dapat membayangkan nama putrinya akan menghiasi mobil, seperti AMG GT R yang membakar api dan S-Class yang agung. 120 tahun ke depan Mercedes akan sama inovatifnya.
LihatTutupKomentar