-->
close
Sepeda Jakarta-Surabaya

Sesi Tes Perdana F1 2020: Kejutan Alfa Romeo Dan Piranti Misterius Mercedes

LAT Images

Otojatim (Barcelona)- Pada 2 hari terakhir (20-21/2) gelaran tes pramusim perdana F1 2020
di Catalunya,Spanyol memberikan banyak sekali hal yang tak terduga. Salah satunya adalah
memimpinnya Alfa Romeo di hari kedua.

Kimi Raikkonen yang menunggangi C39 memimpin tes dengan menorehkan waktu terbaik di angka 1 menit 17.091 detik. Pebalap tertua di musim 2020 ini mengalahkan pebalap Racing Point, Sergio Perez yang meraih catatan waktu 1m17.347s 145. Peforma bagus ditorehkan Renault dengan Daniel Ricciardo yang hadir di posisi ketiga dengan raihan angka 1m17.749s 41.

Dalam sesi tes Pramusim perdana ini, Mercedes melakukan inovasi misterius bernama Dual-Axis Steering (DAS). Piranti ini dinilai menambah kemampuan handling mobil W11 dimana bagian setir mobil bisa diatur untuk mengatur suspensi depan demi menambah performa ban, mengurangi getaran di trek lurus sembari menaikkan top speed, dan stabilitas mobil saat berada di zona tikungan.
Banyak pihak merasa dirugikan atas piranti misterius ini terutama Ferrari. Hanya penjelasana saja. Apapun nanti putusannya kami terima, karena kami percaya FIA akan mengacu kepada peraturan yang mereka buat sendiri," kata Mattia Binotto, Team Principal Ferrari. Akan tetapi, piranti ini dinilai legal oleh FIA dan hanya bisa dipakai di satu musim saja karena musim depan wujud mobil akan berubah dan piranti ini tidak bisa digunakan lagi.

LAT Images
Piranti ini bermanfaat di hari ketiga tes pramusim (21/2) dengan Valtteri Bottas bercokol di posisi pertama. Pembalap Mercedes ini membukukan angkawaktu 1 menit 15,732 detik dengan menempuh total 65 lap. Bersama kompatriotnya, Lewis Hamilton tim Mercedes mendominasi hari ketiga tes pramusim perdana 2020. Konsistensi ditunjukkan Renault dengan Esteban Ocon yang duduk di posisi ketiga dengan raihan angka 1m 17.102s dan posisi keempat dihuni pebalap Racing Point, Lance Stroll dengan raihan 1m 17.338s. Kesialan menimpa kubu Ferrari dimana Sebastian Vettel yang menunggangi SF1000 kehilangan tenaga karena masalah teknis. Pada hari pertama, pebalap Jerman ini mengalami sakit sehingga tidak mampu mengemudikan SF1000 dan di dua hari tersisa di tes pramusim perdana dirinya berhasil ikut serta meski harus berat hati akibat masalah pada mobilnya itu.

LihatTutupKomentar