close
Harga Mobil Baru

Reli Swedia: Kemenangan Perdana Evans Dengan Toyota

FIA

Otojatim (Karlstad)- Perubahan iklim yang drastis menyebabkan gelaran reli Swedia membuat para pereli dan penyelenggara kebingungan akibat lintasan berubah medannya dari salju ke gravel.

Reli yang digelar pada 14-16 Februari ini malah menguntungkan bagi seseorang Elfyn Evans. Evans sendiri adalah pereli yang baru bergabung tim Toyota Gazoo Racing di kejuaraan dunia reli atau WRC 2020 setelah di musim lalu berlaga bersama M Sport Ford.

Elfyn Evans & Scott Martin sukses memenangi Reli Swedia - pereli asal Britania Raya pertama yang dapat memenangi reli ini, dan pereli non-Skandinavia kelima. Scott Martin sendiri menjadi co-driver Britania Raya ketiga yang dapat melakukannya.

Setelah menjalani sembilan tahapan khusus (special stage/SS) dengan total jarak tempuh 171,64 km, Elfyn Evans memberi kemenangan pertama dengan Toyota Yaris. Ini kemenangan kedua sepanjang kariernya sejak berkompetisi penuh di kejuaraan dunia reli (WRC) pada 2014.

Posisi kedua dihuni oleh Ott Tanak, dan Kalle Rovanpera sukses meraih podium pertamanya di kelas utama setelah bertarung dengan Sebastien Ogier dalam dua hari terakhir. Ia mencatatkan kemenangan SS pertamanya di Power Stage, membawanya lebih cepat 3.7 detik dari Ogier.

Di klasemen pereli, Evans memimpin dengan 42 point. Angka 42 poin merupakan perolehan angka yang sama dengan miliki pereli tim Hyundai, Thierry Neuville. Posisi ketiga dihuni Sebastian Ogier dengan 37 poin. Di klasemen pabrikan, Toyota mendapat 73 poin disusul Hyundai dengan 63 poin dan Ford dengan 40 poin.
LihatTutupKomentar