Hyundai Ioniq Resmi Ikuti Pendahulunya Sebagai Taksi

hyundai grab listrik
Grab

Otojatim (Jakarta) - Di Indonesia, kiprah Hyundai sebagai taksi berjalan di awal tahun 2000an dengan munculnya Accent sebagai model awal. Meski kalah saing dengan merek Jepang akibat Hyundai menyalurkan ke perusahaan taksi medioker, toh pabrikan asal Korea ini masih bertahan sampai Avega dan Sonata muncul menggantikan Accent yang uzur.

Kali ini, giliran Ioniq beraksi sebagai taksi. Mobil listrik ini menjadi armada Grab dengan
jumlah mobil mencapai 500 unit. Berlokasi di Bandara Soekarno Hatta, Hyundai memperkenalkan
kendaraan barunya itu sebagai taksi ramah lingkungan.

Baca: Impresi Berkendara Hyundai i30 Go, Pantas Jadi Hatchback Medium Terlaris 

“Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55/2019 tentang Akselerasi Program Kendaraan Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, pemerintah berupaya untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” jelas Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Sebelumnya, ada Tesla model X dan BYD e6 yang dibuat taksi dengan status sebagai mobil listrik. Mobil listrik dipilih karena bebas pajak dan bisa menekan biaya operasionalnya.

“Saya mengapresiasi dukungan pihak swasta seperti Grab dan Hyundai. Dengan hadirnya GrabCar Elektrik hari ini, kita selangkah lebih maju lagi untuk bersama-sama mencapai target menghadirkan 2 juta unit EV di Indonesia,” tambah Budi.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia turut menambahkan, “Setelah meluncurkan EV Grab Ecosystem Roadmap tahun lalu, kami sangat senang hari ini bisa meluncurkan GrabCar Elektrik Powered by Hyundai yang pertama kali di Indonesia,” jelasnya.

Baca: SUV Modern CBU Korea, Hyundai Kona Sudah Tiba di Surabaya 

“GrabCar Elektrik merupakan bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung ekosistem EV di Indonesia yang telah kami sampaikan ketika memperoleh investasi USD 2 miliar dari SoftBank tahun lalu,” ungkap Ridzki.

Hyundai Ioniq sendiri bisa dibeli dengan harga Rp569 juta off the road (tanpa pajak-pajak). Mobil ini menggunakan motor listrik dengan baterai lithium ion polymer dengan kapasitas 38,3 kW yang mampu meraih angka jarak tempuh 373 km.

Untuk motor listriknya sendiri bisa menghasilkan daya 134,14 dk dengan torsi 295 nm. Untuk pengisian baterai bisa meraih angka 54 menit agar terisi hingga 80 persen via boks pengisian daya cepat. Sedangkan angka enam jam lima menit dicapai via pengecasan biasa.Selamat datang Hyundai Ioniq di dunia taksi listrik.
LihatTutupKomentar