close
Harga Mobil Baru

Dakar 2020: Raih Rekor Dan Pecahkan Telur

Dakar


Otojatim(Riyadh)- Reli Dakar 2020 telah usai digelar pada 17 Januari 2020 dan reli yang memakan jarak 5000 km ini memakan nyawa Paulo Goncalves sebagai korban tewas satu-satunya setelah pereli motor asal  Chili ini terkena Serangan jantung di etape 7.

Akan tetapi, reli yang pertama kalinya diadakan di Arab Saudi ini memecahkan telur untuk kategori motor. Sejak 2001,KTM mendominasi kategori ini sampai seorang Ricky Brabec mengacaukan keadaan. Joki Honda ini menggagalkan dominasi KTM sekaligus meraih kemenangan keempat
Honda di reli paling ganas di dunia ini. Pada 1986-1989, Honda mendominasi reli Dakar dengan NXR800V dan pada 2020 Honda menggagalkan kemenangan ke-19 KTM dengan CRF 450 Rally. Posisi kedua dihuni Pablo Quintanilla dari Husqvarna dan Toby Price dari KTM harus gagal mendominasi reli akibat berada di posisi ketiga. Ricky merupakan orang Amerika pertama yang berhasil di kategori Motor. "Ini bukan hasil yang kami inginkan," kata Toby Price, via Speedweek. “Tapi beberapa kali saya sampai di garis finish, saya naik podium. Bagi saya itu adalah kinerja  yang kuat, dalam dua minggu yang melelahkan,” ujar Price.

Dakar


Sementara di kategori mobil, Carlos Sainz berhasil mengukir sejarah sebagai pereli mobil yang berhasil memenangkan Dakar dengan 3 pabrikan berbeda. Ia berhasil pada 2010 dengan Volkswagen, berhasil pada 2018 dengan Peugeot dan 2020 dengan Mini, ayah dari pebalap F1 yang bernama sama ini meraih kemenangan ketiganya selama keikutsertaannya di Dakar. Ia menggagalkan kemenangan si juara bertahan, Nasser Al Attiyah dari Toyota dan rekan satu timnya St├ęphane Peterhansel. Dalam reli Dakar ini, Toyota membawa Fernando Alonso yang pernah menjadi juara dunia Le Mans 2019 dan juara dunia F1 2005-2006. Pereli Spanyol ini fnish ke-13 di klasemen overall mobil.
LihatTutupKomentar