Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Asian Le Mans 2019-2020: Regulasi Baru Untungkan Tim Privateer

Eurasia


Otojatim (Shanghai)- Asian Le Mans merupakan ajang balap ketahanan yang digelar akhir tahun sampai awal tahun baru. Balap mobil ini menggunakan tiga kelas yakni LMP2,LMP3 dan GT3. Dalam musim 2019-2020 ini diwarnai regulasi baru yakni hadirnya LMP2AM yang menguntungkan peserta privateer dimana tim-tim kecil bisa berlaga satu sama lain untuk menjadi juara. Musim ini juga kelas GT hanya ada kelas GT saja karena GTC (one make car, mobil balap semerek) tidak
ikut serta lagi di dalamnya.

Seri pertama diadakan di Shanghai,Cina pada 24 November 2019 dan ini merupakan seri satu-satunya yang diadakan di 2019. Balapan ini harusnya menjadi kemenangan perdana tim Carlin yang beranggotakan Roman Rusinov, Harry Tincknel, Leonard Hoogenboom. Tapi, tim yang menggunakan Dallara P217 Gibson ini dihukum karena durasi mengemudi yang lama. Pada akhirnya, steward memilih G-Drive Racing by Algarvyang harusnya finish kedua menjadi finish pertama di gelaran perdana ini. Harry Tincknell, Jack Manchester dan Ben Barnicoat yang menggunakan Aurus 01 menjadi pemenang di kelas LMP2 ini dan untuk juara keduanya adalah tim Eurasia yang menggunakan Ligier JSP2 dengan beranggotakan Aidan Read, Nicholas Foster, Roberto Merhi.

Di kelas LMP2 Am, tim RLR MSPORT yang beranggotakan John Farano, Andrew Higgins, Arjun Maini menjadi jawara sedangkan di kelas GT dimenangi tim D Station. Tim ini merupakan tim yang
aktif di kejuaraan Super Gt Jepang yang ikut serta di kelas GT300. Dengan trio Satoshi Hoshino, Tomonobu Fujii, Ross Gunn pengguna Aston Martin ini menjadi jawara di kelas GT dengan
mengasapi tim JLOC Lamborghini yang beranggotakan Andre Couto, Yuya Motojima, Yusaku Shibata. Untuk kelas LMP3 sendiri tim Inter Europol Competition dengan duo Nigel Moore dan Martin Hippe menjadi jawara dengan Ligier JSP3.

Dalam musim 2019-2020 ini Rio Haryanto, Christian Colombo dan David Tjipto dari T2 Motorsport mengukir poin perdana di kelas GT dengan finish ketujuh di kelas GT atau ke-18 di overall.
Tim G Drive menjadi pemimpin kelas LMP2 dengan 25 poin sedangkan di LMP3 dipimpin oleh Inter Europol Competition dengan 25 poin dan kelas GT dipimpin tim D Station dengan 25 poin. Balapan selanjutnya akan bergulir di The Bend, Australia pada 12 Januari tahun depan yang merupakan balapan dengan lintasan terpanjang di kalender Asian Le Mans yakni 7,7 km.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky