Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Jepang, Habis Badai Bottas Menang


FIA

Otojatim (Tokyo)- Inilah balapan satu-satunya di tahun 2019 yang paling terganggu yaitu GP Jepang. Hal ini disebabkan adanya angin taifun Hagibis yang terjadi pada 13 Oktober. Angin Taifun ini menyebabkan sesi kualifikasi yang bergulir di Suzuka dipindah ke hari Minggu 15 Oktober.

Diuntungkan oleh taifun, Mercedes mempunyai strategi brilian untuk menghadapi balapan sepanjang 52 lap ini. Sudah sejak 2014, Mercedes sudah superior dengan paket aerodinamika di sirkuit berbentuk angka delapan ini. Hingga Valtteri Bottas menjadi jawara dengan mengalahkan pole position, Sebastian Vettel dari Ferrari. Gagalnya Charles Leclerc karena bersenggolan dengan Max Verstappen (Red Bull) sekaligus mendapat hukuman dua kali (finish posisi ketujuh) membuat Vettel kehilangan kesempatan untuk menambah pundi-pundi poin bagi Ferrari. sehingga Mercedes berhasil meraih juara dunia konstruktor berkat Bottas dan Lewis Hamilton yang berhasil finish di belakang Vettel atau posisi ketiga. Sejak 2014, Mercedes tidak pernah gagal untuk meraih juara dunia konstruktor dan ini adalah gelar ke-6 mereka di era mesin V6 Turbo.

Suzuka adalah kandang untuk pabrikan Honda dimana baik Red Bull dan Toro Rosso (Alfa Tauri) menggunakan mesin dari pabrikan berlogo H ini. Hanya saja, Verstappen gagal meraih podium karena mengalami kecelakaan karena menyenggol mobil Leclerc menyisakan Alexander Albon sebagai petarung tunggal di tim banteng merah. Konsistensi adalah kunci, Albon yang di GP Belgia dan Rusia mampu finish kelima kali ini bisa naik satu tingkat alias finish keempat. Ini adalah hasil terbaik pebalap Thailand itu di musim balap 2019. Sedangkan, pebalap yang pernah malang melintang di Super Formula Jepang yakni Pierre Gasly finish kedelapan di belakang Leclerc sedangkan rekan setimnya dari Toro Rosso, Daniel Kvyat finish ke-12.

Di klasemen pebalap, Hamilton masih unggul 338 poin disusul Bottas dengan 274 poin, Leclerc 221 poin dan Verstappen dengan 212 poin. Angka  212 poin menyamakan poin Verstappen dengan poin Vettel di klasemen pebalap. Sementara, Mercedes meraih 612 poin alias menjadi juara dunia konstruktor disusul Ferrari dengan 433 poin dan Red Bull Dengan 323 poin.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky