Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Belgia: Kemenangan Untuk Sahabat

hubert crash
FIA

Otojatim (Brussel)- Pada 31 Agustus adalah hari terkelam dalam dunia balap mobil, Antoine Hubert menghembuskan nafasnya setelah pebalap Arden ini mengalami kecelakaan karena ditabrak oleh Joan Manuel Correa dari Charouz Sauber pada balapan pertama Formula 2 di Spa, Belgia. Kejadian kecelakaan tersebut amatlah parah dan Hubert meninggal saat dilarikan ke rumah sakit.


Kejadian ini berimbas pula pada ajang F1 di 1 September karena diadakan mengheningkan cipta untuk mengenang pebalap asal Perancis yang lahir pada 1996 itu. Setelahnya, balapan dimulai dengan normal. Balapan bergulir selama 44 lap di sirkuit terpanjang di kalender F1 yakni 7 km.

Baca juga: Esteban Ocon Kembali Ke Formula One Bersama Renault! 

Di paruh awal menjadi saksi kesialan Max Verstappen dimana pebalap Red Bull ini gagal menjadi jawara di kandangnya akibat kerusakan kemudi akibat mobilnya dihantam oleh Kimi Raikkonen dari Sauber di tikungan pertama. Sementara, rekan satu timnya yakni Alexander Albon tetap membalap hingga akhir balapan. Albon sendiri adalah pengganti dari Pierre Gasly yang ditukar posisinya ke Toro Rosso akibat prestasinya jeblok di paruh pertama musim 2019.

Sementara pertempuran antara penunggang kuda Ferrari yakni Sebastian Vettel-Charles Leclerc dan pasukan Mercedes yang digawangi Lewis Hamilton-Valtteri Bottas. Sebastian Vettel yang gagal menghemat ban di paruh akhir balapan langsung disalip oleh Hamilton dan Bottas sehingga dirinya harus puas finish keempat.

Baca juga: Jelang F1 GP Belgia, RedBull Honda Tukar Posisi Albon dan Gasly 

Sementara, demi mendedikasikan rekan senegaranya yang meninggal di balapan F2 yakni Hubert, Leclerc meraih kemenangan perdananya di ajang F1. "Sejak saya kecil, saya bermimpi untuk berlaga di ajang ini. Dan saya bermimpi berlaga bersama Ferrari hingga saya meraih kemenangan perdana bersama mereka" ungkap Leclerc via F1.

Ia mengaku merasa berat untuk merayakan kemenangan karena situasi yang sedang berkabung atas meninggalnya Hubert yang merupakan sahabat sejak lama. Sementara, Hamilton hampir saja meraih kemenangan karena kondisi ban Leclerc yang sudah tidak maksimal lagi. Hanya saja, adanya bendera kuning akibat ada 2 pebalap yang gagal finish membuat pebalap Inggris ini harus puas finish kedua di balapan GP Belgia ini.

Rekan setim Hamilton, Bottas berhasil finish ketiga dengan mengasapi Vettel yang harus puas duduk di posisi keempat. Albon sendiri finish kelima dalam debutnya bersama Red Bull Honda dan ini adalah pencapaian terbaik pebalap Thailand ini setelah finish keenam di GP Jerman bersama Toro Rosso.

Angka 268 poin masih digenggam Hamilton di puncak klasemen pebalap F1 disusul Bottas dengan 203 poin dan Verstappen dengan 181 poin. Sementara di klasemen konstruktor, Mercedes meraih 471 poin disusul Ferrari dengan 326 poin dan Red Bull dengan 254 poin. Tak ada waktu istirahat, karena balapan selanjutnya akan bergulir di Monza pada 8 September mendatang.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky