Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WRC Jerman: Toyota Menangkan Reli Kandang, Tanak Raih Kemenangan Kelima 2019



Otojatim (Frankfurt)- Koln adalah rumah dari Toyota Motorsport Eropa. Divisi motorsport kedua setelah Toyota Racing Development di Jepang ini adalah rumah dari divisi F1, balap ketahanan dan balap reli dari pabrikan berlogo T ini. Banyak sekali prestasi sudah dikumpulkan oleh mereka seperti juara Le Mans 24 jam (1999,2018-2019) sampai juara reli dunia (WRC) pada 1993-1994,1999. Saat ini, Toyota Motorsport hanya mengembangkan mobil balap ketahanan dan untuk reli dikembangkan oleh divisi Gazoo Racing dimana divisi ini berbasis di dua negara yakni Finlandia dan Estonia. Meski begitu, basis utama kekuasaan mereka tetaplah di Jerman.

Soal reli dunia, pada 23-25 Agustus lalu bergulir reli Jerman yang mana menjadi reli kandang dari Toyota dimana markas Toyota Motorsport berada cukup jauh dari lokasi kejuaraan di Saarland. Mengarungi 19 Special Stage berjarak 344 km, para pereli Toyota yang terdiri dari Ott Tanak, Kris Meeke dan Jari Matti Latvala berhasil membawa Yaris mereka untuk berkuasa di tuan rumah. Ini adalah reli kelima yang telah dimenangkan Ott Tanak selama 2019 setelah Swedia, Chili, Portugal dan Finlandia lalu.

“Keenam pembalap dan navigator TOYOTA GAZOO Racing WRT kuasai podium di reli Jerman. Merupakan pemandangan luar biasa!” buka Akio Toyoda sebagai Team Chairman.
Tommi Mäkinen Team Principal berkomentar, “Rasanya luar biasa menempatakan tiga mobil di posisi terdepan. Kita sempat punya kesempatan meraih situasi yang sama beberapa kali dan akhirnya kita bisa melakukannya.” “Mobil kami menunjukkan begitu kuat dan juga pereli yang tangguh menunjukkan hasil baik di jalur aspal menantang ini. Pengetesan kita di aspal sangat sedikit dan hingga kini bisa menunjukkan hasil baik.” Ini adalah dominasi terbesar di reli Jerman setelah sebelumnya Sebastian Ogier, Latvala dan Andrea Mikkelsen merajai reli dengan Volkswagen di 2015 silam.

Karena hasil ini, Tanak meraih angka 205 poin alias meninggalkan pesaingnya, Thierry Neuville (Hyundai) yang mengumpulkan 172 poin. Sementara, Ogier yang membesut Citroen berada di posisi ketiga dengan 165 poin. Pada hasil klasemen konstruktor, posisi Hyundai sudah di zona bahaya. Selisih 8 angka (289) dari Toyota (281) membuat persaingan antar sesama pabrikan makin seru untuk diikuti. Pada 12-15 September akan bergulir Reli Turki dimana disanalah siapa pabrikan yang akan menjadi raja 2019 akan duduk di singgasana juara. Apakah Toyota atau Hyundai? Mari kita nantikan saja.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky