Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Reli Finlandia: Toyota Meraih Kemenangan Keempat di 2019

WRC Rally Finlandia 2019
FIA

Otojatim (Helsinki)- Reli Finlandia yang merupakan seri kesembilan dalam reli dunia (WRC) pada 1-4 Agustus lalu menjadi milik tim Toyota yang berhasil mengantarkan Ott Tanak untuk meraih kemenangan keempatnya di musim 2019.


Pereli Estonia ini berhasil merengkuh kemenangan kesepuluh selama karier dan kemenangan ke 200 kali dalam special stage (SS). Ia berhasil mengalahkan mantan rekan satu timnya yakni Esapeka Lappi yang kali ini membela Citroen. Lappi yang dieluk-elukkan pendukungnya di reli kandang harus puas finish kedua tanpa memenangi satu SS sekalipun.

Baca juga: Reli Italia: Seri Terbaik Di 2019?

Di posisi ketiga dimenangi Jari Matti Latvala yang merupakan rekan satu tim Tanak di Toyota. Latvala hanya memenangi 1 SS saja yakni SS9 dari 23 SS yang dihelat dan dirinya pernah menjadi pemimpin sejak SS7-SS11 dan SS 13 sebelum dirampas oleh Tanak di SS14. Tanak sebelumnya memimpin sejak SS2-SS6 sebelum diambil alih oleh Latvala sejak SS7.

Dengan hasil ini, Tanak memimpin klasemen pereli dengan 180 poin disusul Sebastian Ogier (Citroen) dengan 158 poin dan Thierry Neuville dari Hyundai di posisi ketiga dengan 155 poin. Tentu, posisi Ogier tidak aman jika dia kalah di 22-25 Agustus mendatang saat reli Jerman tiba maka posisi kedua akan dimiliki oleh Neuville.

Baca juga: WRC Portugal: Kemenangan Ketiga Tanak Musim 2019 

Adapun angka 262 poin masih belum aman untuk Hyundai di klasemen konstruktor, karena peforma bagus Toyota bisa saja mengancam di seri-seri selanjutnya. Saat ini, pabrikan pengguna Yaris ini bercokol di posisi kedua dengan 238 poin.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky