Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Inggris; Hamilton Pecah Rekor, Silverstone Bertahan Sampai 2024

FIA
Otojatim (London)- Setelah berantakan di Austria lalu, tim Mercedes berhasil meraih juara di seri Inggris. Adalah Lewis Hamilton, sang pebalap kandang dan Valterri Bottas yang menguasai balapan dari awal sampai akhir.

Menggunakan taktik pemakaian ban berkompon hard, Hamilton berhasil menguasai balapan meski di awal dirinya harus bertempur melawan Bottas karena pebalap Finlandia ini menggunakan ban medium. Keduanya terus menguasai balapan meski hanya berganti posisi saja saat pitstop. Pada akhirnya, Hamilton memecahkan rekor sebagai pemenang GP Inggris untuk keenam kalinya (2008,2014-2017,2019). Ia juga meraih kemenangan ketujuh musim ini dan kemenangan ke-9 bagi Mercedes.

Nasib sial menimpa Sebastian Vettel ketika pebalap Ferrari itu terganjal hukuman karena menabrak juara GP Austria, Max Verstappen dari Red Bull. Dirinya diganjar hukuman 10 detik dan finish di posisi ke-16. Sementara, rekan setimnya yakni Charles Leclerc malah finish ke-3 setelah mengasapi Pierre Gasly dan Verstappen dari Red Bull.

Angka 223 poin menobatkan Hamilton menjadi jawara klasemen pebalap F1 sampai saat ini meski terpaut jauh dengan Bottas yang mengumpulkan 184 poin. Max Verstappen sendiri mengumpulkan 136 poin dan Vettel di tempat keempat dengan 123 poin. Di klasemen konstruktor, Mercedes masih meraja dengan 407 poin dan Ferrari di posisi kedua dengan 243 poin.

Kelangsungan Silverstone menjadi penyelenggara F1 akan tetap ada sampai 2024 ketika penyelenggara memutuskan memperpanjang kontrak selama 5 tahun. Alasannya adalah sirkuit bekas bandara ini adalah tempat bersejarah di dunia balap karena disinilah F1 pertama kali digelar pada 1950 silam.

“Kami senang bisa menyampaikan bahwa GP Inggris akan tetap masuk ke dalam kalender balapan F1 hingga lima musim ke depan. Kami selalu mengatakan, jika kami berniat untuk melakukan perjanjian jangka panjang, maka sirkuit tersebut harus memiliki sejarah yang panjang,” ucap CEO dari Formula One yaitu Chase Carey via Autosport. “Sirkuit Silverstone adalah salah satu trek yang melahirkan balapan ini, yang mana hal itu terjadi pada 1950 silam. Karena itulah kami ingin tetap mempertahankan Silverstone sebagai tuan rumah F1,” pungkasnya.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky