Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Monako: Gagalnya Peluang Pebalap Tuan Rumah

FIA
Otojatim (Monte Carlo)- Sudah 90 tahun sejak perhelatan perdana GP Monako di tahun 1929 dan kini, 27 Mei adalah balapan ke 1003 dalam gelaran F1. Sayangnya, balapan ini bukanlah balapan normal seperti biasanya karena pada 20 Mei lalu seorang pebalap yang pernah memenangkan balapan seri ini sejak 1975-1976 meninggal dunia akibat masalah ginjal. Pebalap tersebut adalah Niki Lauda yang menjadi orang penting dalam keberhasilan tim Mercedes.

Dominasi Mercedes tidak akan terjadi jika Lauda tidak membawa Lewis Hamilton dan dirinya bukan non excecutive chairman di tim asal Jerman tersebut. Untuk itu, kemenangan Hamilton di seri ini dikhususkan untuk juara dunia 1975, 1977 dan 1984. Pebalap Inggris ini tak mudah memenangkan balapan akibat dirinya ditekan habis oleh Max Verstappen sejak paruh pertengahan sampai akhir lomba. Sempat saja pebalap Red Bull Honda itu menyalip di salah satu tikungan pada akhir lomba, tapi Verstappen gagal dan berakhir menyundul mobil Hamilton. Apesnya, pebalap Belanda ini juga mendapat hukuman 5 detik akibat menyundul rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas di pit stop dan dirinya finish keempat setelah sebelumnya finish kedua secara tak resmi.

Bottas berhasil finish ketiga meski gagal menyalip Sebastian Vettel dari Ferrari yang mampu meraih podium kedua akibat menahan serangan pebalap Finlandia itu. Sayangnya, apes didapat rekan setim Vettel, Charles Leclerc setelah pebalap tuan rumah itu mengalami masalah teknis. Leclerc kecewa tidak bisa bersinar di balapan kandang. Sementara, pebalap kandang lainnya yakni Pierre Gasly (Red Bull) berhasil finish kelima di belakang rekan setimnya, Verstappen.

Keunggulan 137 poin membuat Hamilton meraja di klasemen pebalap disusul Bottas dengan 120 poin dan Vettel dengan 82 poin. Mercedes sendiri kokoh di klasemen konstruktor dengan 257 poin disusul Ferrari dengan 139 poin dan Red Bull dengan 110 poin.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Test Drive Almaz